Home / Kegiatan / Launching Program River Clean Up System (RCS) di Pantai Indah Kapuk
RCS ok

Launching Program River Clean Up System (RCS) di Pantai Indah Kapuk

rcs1 (7) ok rcs1 (13)ok RCS ok

Jakarta, 13 Mei 2019. Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup didampingi oleh Asisten Deputi Bidang Lingkungan Hidup menghadiri acara Launching Program River Clean Up System (RCS) di Pantai Indah Kapuk. Program tersebut diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, turut hadir pula Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar bersama Duta Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia, Rob Swartbol. Program Penelitian dan Percontohan Intersepsi Sampah Plastik dengan menggunakan River Cleaning-up System (RCS). Peluncuran ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Indonesia yang menargetkan pengurangan sampah plastik dilaut hingga 70% pada tahun 2025.
RCS sendiri adalah salah satu sistem yang dibangun dengan tujuan utama untuk membuat lautan bebas dari plastik. RCS ini akan mengekstraksi sampah plastik yang mengalir di sungai, menampungnya dalam kantong-kantong besar melalui conveyor belt, kemudian dibawa ke tepi sungai untuk diangkut ke tempat penampungan sementara untuk dipilah dan di daur ulang agar jumlah sampah yang diangkut ke TPA semakin sedikit.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, menyampaikan pemerintah akan meminta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk merancang ulang Teknologi serupa agar dapat ditempatkan dibeberapa sungai yang bermuara di Teluk Jakarta.

Check Also

WhatsApp Image 2019-09-18 at 3.51.02 PM

Wawancara Mahasiswa Universitas Tarumanegara (UNTAR)

Jakarta, 17 September 2019.¬†Mahasiswa Magister dari UNTAR, Ivan Billy Zaini, berkunjung ke kantor Kedeputian Gubernur …