Home / Artikel / Alumni Talk Seoul Human Research Development Centre (SHRDC)
shrdc7

Alumni Talk Seoul Human Research Development Centre (SHRDC)

shrdc7

 

Pemprov DKI Jakarta telah menjalin kerjasama sister city dengan Pemerintah Kota Seoul sejak tahun 1984. Bidang yang dikerjasamakan meliputi perdagangan, promosi dan manajemen pariwisata, perencanaan kota dan manajemen Sumber Daya Manusia.

Salah satu bentuk kerjasama yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya adalah kerjasama antara Pemerintah Kota Seoul melalui Seoul Metropolitan Goverment Human Resources Development Center bekerjasama dengan Metropolis International Training Institute dalam penyelenggaraaan pelatihan bagi pejabat publik  dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pelayanan bagi masyarakat.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara rutin mengirimkan perwakilannya yang berasal dari para unit SKPD untuk mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh SHRDC. Setiap tahunnya SHRDC membuka tawaran pelatihan untk 5 program, yaitu: e-government, e-tax, transportasi, Lingkungan Hidup (climate change), pengelolaan air (water management), dan smart city. Beberapa program pelatihan lainnya dibuat oleh SHRDC berdasarkan kebutuhan peserta pelatihan (tailor made)

Selama 3 tahun terakhir (2016-2018), tercatat sudah terdapat 42 orang pegawai Pemprov DKI Jakarta yang telah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh SHRDC. Dalam rangka meningkatkan kerjasama antara kedua kota (Jakarta-Seoul), Presiden SHRDC Mr. Shin Yong Mok beserta jajaran staf SHRDC lainnya berkunjung ke Jakarta selama 1 hari (21 Mei 2019). Kunjungan ini bertujuan untuk mempromosikan program pelatihan SHRDC, dan berdiskusi dengan para alumni SHRDC Pemprov DKI Jakarta untuk saling bertukar gagasan, sharing pengalaman dan pembelajaran serta masukan untuk memberikan kontribusi tambahan bagi perkembangan SHRDC kedepannya.

shrdc5

shrdc6

shrdc3

Kunjungan Presiden SHRDC Mr. Shin Yong Mok dan jajaran staf SHRDC disambut oleh Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup yang juga merupakan salah satu alumni SHRDC. Acara diawali dengan reuni para alumni SHRDC Pemprov DKI Jakarta yang kemudian dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke MRT dan Uji coba rute Jak Lingko BRT. Acara dipandu oleh Biro KDH dan KLN Setda Provinsi DKI Jakarta

Semoga Kerjasama antara Pemprov DKI Jakarta dan SHRDC akan terus berlanjut dan semakin banyak alumni-alumni Pemprov DKI Jakarta yang tercetak dari hasil pelatihan tersebut untuk dapat mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik lagi.

Check Also

plan (2)

Diskusi Publik dengan topik “Aksi Anak Muda Dalam Ketahanan Kota”

Jakarta, 14 Juni 2019. Kedeputian Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup bekerjasama dengan PLAN International …