Home / Kegiatan / Audiensi PT. Google Indonesia
IMG_9992

Audiensi PT. Google Indonesia

Jakarta, 24  Mei 2019. PT. Google Indonesia hari ini melakukan audiensi ke kantor Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (TRLH) dengan tujuan menawarkan peluang kerjasama untuk pilot project Google Environmental Insights Explorer (GEIE).

Audiensi tersebut dipimpin oleh Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (TRLH), dan turut hadir unsur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Dinas Lingkungan Hidup/DLH, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan/DCKTRP, dan Dinas Kehutanan/Dishut), dan mitra pembangunan Pemprov DKI (Vital Strategi, ICLEI, dan C40).

GEIE adalah sebuah platform yang sedang diuji coba oleh Google dan berfungsi untuk mengukur emisi gas rumah kaca (GRK) sebuah kota yang bersumber dari sektor transportasi dan bangunan gedung.

Perhitungan emisi dalam platform GEIE dilakukan dengan menggunakan data penggunaan kendaraan bermotor dari aplikasi Google Maps, dan data estimasi lantai bangunan gedung dari gambar satelit. Hasil perhitungan emisi tersebut akan digunakan sebagai data dasar (baseline)dan dipadukan dengan instrumen pengukuran dari World Bank, Climate Action for Urban Sustainability (The Curb Tool), untuk dihasilkan proyeksi emisi pada tahun yang ditentukan.

Selain untuk mengukur emisi gas rumah kaca (GRK), GEIE juga dapat digunakan untuk memperlihatkan sebaran cahaya matahari, sehingga bermanfaat untuk penentuan lokasi pemasangan panel surya dan mengestimasi potensi emisi GRK yang dapat direduksi. Saat ini PT. Google sedang mencoba mengembangkan fitur lain dalam platform GEIE.

Perhitungan emisi dalam platform GEIE akan dilakukan oleh PT. Google, dan Pemprov akan diberi tautan untuk mengunduh hasil perhitungan emisi. PT. Google berharap Pemprov DKI Jakarta bersedia berpartisipasi dalam pilot project ini dan dapat memberikan masukan dan saran (feedback) terhadap platform GEIE

Pada dasarnya unsur pemprov yang hadir dalam audiensi tersebut menyambut baik tawaran kerjasama Google, karena data emisi yang dihasilkan akan bermanfaat sebagai data dasar (baseline) Pemprov DKI Jakarta. Namun, PT. Google perlu bersurat secara resmi kepada Gubernur DKI terlebih dahulu mengenai peluang kerjasama yang mereka tawarkan.

 

Check Also

allianz (1)

peluncuran program Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu

Jakarta, 17 Oktober 2019. Asisten Deputi Gubernur Bidang Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Bapak Yuli Hartono …