Home / Kegiatan / Rapat Kerja Penyusunan Pedoman Penyusunan Desain Besar
IMG_0003

Rapat Kerja Penyusunan Pedoman Penyusunan Desain Besar

Jakarta, 27 Mei 2019. Kedeputian Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (TRLH) menyelenggarakan Rapat Kerja Penyusunan Pedoman Penyusunan Desain Besar dengan tujuan mendiskusikan draf terbaru Pedoman Penyusunan Desain Besar serta mempersiapkan kebutuhan teknis lokakarya penyusunan pedoman tersebut.

Rapat dipimpin oleh Deputi TRLH dan dihadiri oleh Yayasan KARINA selaku tim penyusun, CordaidBelanda, Asdep Bidang Tata Ruang, Asdep Bidang Lingkungan Hidup, dan staf Kedeputian TRLH.

Berdasarkan draf yang telah disusun, terdapat beberapa hal yang perlu disempurnakan, yaitu:

  1. Perlu ditekankan dalam pedoman bahwa Desain Besar merupakan dokumen hasil pendekatan kolaboratif yang berisikan komitmen dan konsensus dari para pemangku kepentingan terkait.
  2. Perlu ditambahkan penjelasan mengenai kedudukan desain besar terhadap dokumen perencanaan. Diusulkan penjelasan tersebut dimuat dalam 1 bab tersendiri.
  3. Perlu perbaikan bagan proses penyusunan Desain Besar terkait tahapan “Finalisasi dan Peluncuran”, yang mana perlu dipisahkan menjadi 2 tahap, yaitu “Finalisasi” dan dilanjutkan dengan “Peluncuran dan Sosialisasi”.
  4. Perlu ditambahkan informasi mengenai penunjukan resmi Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang menjadi koordinator/penanggung jawab utama dalam melaksanakan, memantau, dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang tercantum dalam Desain Besar.

Dalam rapat tersebut, diusulkan juga penyelenggaraan lokakarya penyusunan pedoman dilakukan pada minggu ketiga Bulan Juni 2019.

Check Also

WhatsApp Image 2019-09-18 at 3.51.02 PM

Wawancara Mahasiswa Universitas Tarumanegara (UNTAR)

Jakarta, 17 September 2019. Mahasiswa Magister dari UNTAR, Ivan Billy Zaini, berkunjung ke kantor Kedeputian Gubernur …