Home / Kliping / Kembali Uji Publik, LRT Jakarta Lakukan Simulasi sebelum Beroperasi Komersial
Rangkaian kereta LRT Jakarta memasuki Stasiun Velodrome, Rawamangun, Kamis (2/5/2019).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)
Rangkaian kereta LRT Jakarta memasuki Stasiun Velodrome, Rawamangun, Kamis (2/5/2019).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

Kembali Uji Publik, LRT Jakarta Lakukan Simulasi sebelum Beroperasi Komersial

JAKARTA, KOMPAS.com – Corporate Communication Manager PT LRT Jakarta, Melisa Suciati menyebut, uji publik lintas raya terpadu (LRT) Jakarta untuk kali kedua pada tahun ini bertujuan sebagai ajang simulasi sebelum beroperasi komersial. Dia menyebut, hal ini sebagai pengecekan lanjutan terhadap kesiapan operasional LRT Jakarta. “Ini ibaratnya sudah seperti simulasi. Kan kemarin penyempurnaan sistem sudah dilakukan, pengecekannnya via internal kami,” ujar Melisa, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (8/6/2019) siang. “Kalau sekarang, kita buka ke publik untuk melihat apakah sudah sempurna, apa yang perlu diperbaiki sebelum nanti berjalan komersial,” imbuh dia.

Melisa mengatakan, uji publik yang akan dilangsungkan pada 11-21 Juni 2019 mendatang ini akan lebih komprehensif dibandingkan uji publik perdana yang digelar pada 4-17 Maret 2019 silam. Salah satu perbedaannya, penumpang dapat naik dan turun di lima dari enam stasiun layang yang berada di lintas Kelapa Gading-Velodrome yang membentang sejauh 5,8 kilometer. “Kecuali Stasiun Pegangsaan Dua,” ujar Melisa. Artinya, penumpang dapat naik-turun di Stasiun Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, Equestrian/Pacuan Kuda, dan Stasiun Velodrome Rawamangun. Diharapkan, uji publik kali ini sekaligus menguji coba kesiapan stasiun-stasiun tersebut. “Bedanya kali ini bisa untuk akses naik turun penumpang di lima stasiun. Kalau dulu kan cuma ujung ke ujung saja,” kata Melisa. Selain itu, jam operasional LRT Jakarta dalam uji publik kali ini pun tidak dibatasi. LRT Jakarta bakal beroperasi seperti halnya nanti saat telah berjalan komersial. “Kalai uji publik yang lalu kan kita batasi ya jam-jam tertentu, kalau saat ini kita ikutin jam yang nantinya akan digunakan ketika beroperasi yaitu, jam 05.30 sampai jam 23.00,” ujar dia. Registrasi uji publik sendiri telah dibuka sejak Jumat (7/6/2019) lewat situs bit.ly//UjiPublikLRTJ dan akan ditutup apabila jumlah penumpang diperkirakan sudah mencukupi kapasitas. Sebagai informasi, sebelumnya uji publik serupa juga sudah dilakukan pada 4-17 Maret 2019 lalu. Hingga saat ini, belum ada titik terang dari Pemprov DKI Jakarta mengenai kapan LRT Jakarta akan beroperasi secara komersial.

Proyek LRT Jakarta yang terbentang sejauh 5,8 km tersebut telah berulang kali molor dari jadwal. Saat pertama kali dicanangkan, LRT Jakarta ditargetkan beroperasi jelang Asian Games 2018. Lima bulan berselang, pada Januari 2019 Direktur Utama PT LRT Jakarta Allan Tandiono menyebut, kesiapan LRT Jakarta telah mencapai 97 persen dan siap beroperasi pada Februari 2019. Namun, pada Februari 2019, LRT Jakarta belum juga dibuka untuk publik. Akhir Februari 2019, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, LRT Jakarta akan beroperasi pada akhir Maret 2019. Kini, penentuan waktu beroperasinya LRT Jakarta berada di tangan Pemprov DKI Jakarta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Kembali Uji Publik, LRT Jakarta Lakukan Simulasi sebelum Beroperasi Komersial”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/06/08/14581801/kembali-uji-publik-lrt-jakarta-lakukan-simulasi-sebelum-beroperasi.
Penulis : Vitorio Mantalean
Editor : Robertus Belarminus

Check Also

Petugas Satpol PP melalui dua back hoe membongkar bangunan semi permanen yang berada di area bantaran aliran Sungai Ciliwung di RW 01 Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2017). Setelah bangunan diratakan dengan tanah, Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) akan memulai memasang sheet pile sebagai lanjutan proyek normalisasi Ciliwung.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Normalisasi Ciliwung, DKI Bebaskan 118 Bidang Tanah Akhir Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini mengatakan, pihaknya akan membebaskan …