Home / Kliping / Hari Ini, LRT Jakarta Lakukan Uji Publik Gratis
Rangkaian kereta LRT Jakarta memasuki Stasiun Velodrome, Rawamangun, Kamis (2/5/2019).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)
Rangkaian kereta LRT Jakarta memasuki Stasiun Velodrome, Rawamangun, Kamis (2/5/2019).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

Hari Ini, LRT Jakarta Lakukan Uji Publik Gratis

JAKARTA, KOMPAS.com – PT LRT Jakarta bakal melakukan uji publik lintas raya terpadu atau light rail transit (LRT) Jakarta mulai hari ini, Selasa (11/6/2019). Uji publik yang terbuka untuk umum secara cuma-cuma ini bakal dilangsungkan selama 11 hari atau sampai Jumat (21/6/2019). Operasional selama uji publik dilakukan sama dengan saat LRT Jakarta diresmikan kelak. “Waktu operasi kereta mulai pukul 5.30 WIB sampai dengan 23.00 WIB dan selang waktu antar kereta (headway) 10 menit,” kata Corporate Communication Manager PT LRT Jakarta, Melisa Suciati kepada Kompas.com, Minggu (9/6/2019).

Selama uji publik ini, penumpang dapat naik dan turun di 5 stasiun layang berbeda, mulai dari Stasiun Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, Equestrian, dan Velodrome Rawamangun. Praktis, hanya Stasiun Pegangsaan Dua yang belum dioperasikan selama uji publik ini. Melisa menyebut, uji publik ini dilakukan dalam rangka memastikan kesiapan operasi sebelum diresmikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, ia berharap agar warga kian familiar dengan moda transportasi anyar ini. “Tidak hanya mempersiapkan sistem perkeretaapian dan SDM-nya saja, namun juga familiarisasi dan edukasi ke masyarakat terhadap moda transportasi baru,” kata dia.

Registrasi uji publik sendiri telah dibuka sejak Jumat (7/6/2019) lewat situs bit.ly//UjiPublikLRTJ dan akan ditutup apabila jumlah penumpang diperkirakan sudah mencukupi kapasitas. Berikut caranya, seperti dilansir dari laman Instagram @lrtjkt

1. Isi data diri pada laman bit.ly/UjiPublikLRTJ

2. Pilih jadwal uji publik

3. Submit formulir dan verifikasi melalui surel

4. Unduh tiket elektronik (e-ticket) melalui surel setelah melakukan verifikasi

Nantinya, e-ticket tersebut perlu dibawa saat hari uji publik yang dipilih, untuk kemudian ditukarkan dengan tiket sekali jalan (single journey trip) LRT Jakarta melalui petugas loket. E-ticket tersebut juga hanya dapat ditukarkan pada tanggal pilihan calon penumpang dan tidak dapat digunakan kembali.

Sebagai informasi, sebelumnya uji publik serupa juga sudah dilakukan pada 4-17 Maret 2019 lalu. Saat itu, penumpang belum bisa naik dan turun di 5 stasiun. Waktu operasionalnya pun dibatasi. Hingga saat ini, belum ada titik terang dari Pemprov DKI Jakarta mengenai kapan LRT Jakarta akan beroperasi secara komersial.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Hari Ini, LRT Jakarta Lakukan Uji Publik Gratis”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/06/11/06211511/hari-ini-lrt-jakarta-lakukan-uji-publik-gratis.
Penulis : Vitorio Mantalean
Editor : Dian Maharani

Check Also

Proses Pengerukan Sedimen Lumpur di Waduk Pluit(KOMPAS.com/JIMMY RAMADHAN AZHARI)

Endapan Lumpur Tebal, Pengerukan Waduk Pluit Diperkirakan Rampung November

JAKARTA, KOMPAS.com – Pelaksana Pemeliharaan Waduk Pluit Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Ika Agustin …