Home / Kliping / LRT Jakarta Masih Tunggu Izin Operasional 
Satu rangkaian kereta LRT Jakarta terdiri dari dua gerbong.(KOMPAS.com/Vitorio Mantalean)
Satu rangkaian kereta LRT Jakarta terdiri dari dua gerbong.(KOMPAS.com/Vitorio Mantalean)

LRT Jakarta Masih Tunggu Izin Operasional 

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu izin operasional dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta. “Sekarang kita tinggal tunggu sertifikasi operasinya,” kata Iwan ketika dikonfirmasi wartawan, Selasa (11/6/2019). LRT Jakarta sudah mengantongi rekomendasi teknis, rekomendasi keselamatan, serta rekomendasi sarana dan prasarana dari Kementerian Perhubungan.

Untuk izin operasional, kata Iwan, penerbitan dokumennya membutuhkan inspeksi lebih lanjut. “Jadi kan tidak langsung datang hari ini, masuk langsung keluar sorenya. Perlu dicek semua kelengkapannya benar enggak ini sesuai dengan standar-standar operasi. Kan banyak dokumennya,” ujar Iwan. Sambil menunggu sertifikasi operasional, LRT Jakarta dibuka untuk uji publik mulai Selasa ini. Iwan mengatakan, uji coba publik sekaligus menjadi persiapan LRT sebelum beroperasi komersial. “Kita sudah mulai uji publik untuk mengantisipasi kalau nanti sertifikat atau izin operasinya keluar, ya kita tinggal udah semuanya siap dari A sampai Z,” kata dia.

Rute LRT Jakarta terbentang sejauh 5,8 kilometer dari kawasan Rawamangun hingga Kelapa Gading. Tiket LRT Jakarta dihargai Rp 5.000 yang berlaku flat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “LRT Jakarta Masih Tunggu Izin Operasional “, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/06/11/15433321/lrt-jakarta-masih-tunggu-izin-operasional.
Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Icha Rastika

Check Also

Pekerja akan memindahkan sejumlah tiang yang menghalangi jalur sepeda di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (01/08/2018). Jalur sepeda di sepanjang jalan ini terhalang beberapa tiang lampu penerangan jalan umum (PJU), tiang lampu lalu lintas, hingga tiang rambu penunjuk jalan.(KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI)

Perluasan Jalur Sepeda, Efektifkah untuk Mengurangi Polusi Udara?

KOMPAS.com – Bersepeda sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat DKI Jakarta. Ada yang menggunakannya …