Home / Kegiatan / Rapat Kerja Penyusunan Pedoman Penyusunan Desain Besar (Grand Design)
IMG_0078

Rapat Kerja Penyusunan Pedoman Penyusunan Desain Besar (Grand Design)

Jakarta, 17 Juni 2019. Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (TRLH) bekerjasama dengan Yayasan KARINA saat ini sedang menyusun Pedoman Penyusunan Desain Besar (Grand Design). Desain Besar adalah sebuah konsep perencanaan yang disusun untuk menangani isu-isu pembangunan tertentu dengan menggunakan pendekatan kolaboratif dan mengutamakan “komitmen” dan “konsensus” dari para pemangku kepentingan terkait. Tersedianya Pedoman Penyusunan Desain Besar dipandang penting sebagai upaya pengarustamaan penanganan isu yang komprehensif melalui pendekatan kolaboratif. Panduan Penyusunan Desain Besar disusun dengan tujuan untuk memberikan arahan umum proses penyusunan dokumen desain besar di lingkungan Provinsi DKI Jakarta. Arahan umum tersebut dapat disesuaikan dan ditambahkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan masing-masing tim penyusun desain besar.

Sebelumnya pada tanggal 15 Mei 2019, telah diselenggarakan sebuah lokakarya dalam rangka mendalami tahapan dan substansi yang perlu dipertimbangkan dalam penyusunan Desain Besar. Menindaklanjuti hasil lokakarya tersebut, hari ini dilakukan rapat kerja yang dipimpin oleh Deputi Gubernur bidang TRLH. Beberapa hal dalam draf Pedoman Penyusunan Desain Besar yang perlu menjadi perhatian adalah:

  1. Perlu dilakukan penyempurnaan tata bahasa yang digunakan dalam dokumen, terutama untuk Bab II terkait pengertian dan posisi Desain Besar.
  2. Diagram posisi dokumen desain besar dalam perencanaan pembangunan perlu disimplifikasi dan diperlihatkan keterkaitannya dengan program pemerintah, non-swasta, serta isu-isu global.
  3. Diagram proses penyusunan desain besar perlu mampu menjelaskan bahwa proses pemutakhiran data dan pemetaan kapasitas stakeholder dilakukan secara terus menerus, tidak berhenti pada 1 tahapan saja.

Sehubungan dengan hal tersebut, akan dilakukan revisi draf dokumen Panduan Penyusunan Desain Besar oleh Yayasan KARINA dan Kedeputian Gubernur Bidang TRLH. Selain itu, Yayasan KARINA secara paralel akan menyiapkan kebutuhan penyelenggaraan lokakarya ketiga yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 3 Juli 2019. Lokakarya ketiga tersebut berfungsi sebagai sarana pendalaman substansi serta sosialisasi konsep desain besar kepada para pemangku kepentingan terkait.

Check Also

WhatsApp Image 2019-07-11 at 21.20.43

Hari Keempat – 2019 Urban Resilience Summit

Rotterdam, 11 Juli 2019. Kegiatan 2019 Urban Resilience Summit ini merupakan ajang berbagi kesempatan bagi para pesertanya …