Home / Kegiatan / 9th Maritime Security Desktop Exercise and Law of the Sea Course
WhatsApp Image 2019-06-18 at 10.04.57 AM

9th Maritime Security Desktop Exercise and Law of the Sea Course

Jakarta, 18 Juni 2019. Badan Keamanan Laut (Bakamla) bekerjasama dengan Australia Border Force  dalam rangka peningkatan kapasitas SDM Penjaga Pesisir (Coast Guard) dan penegakan hukum kelautan (maritime law enforcement). Kerjasama yang telah dijalin sejak tahun 2009 tersebut, dilakukan dalam bentuk forum internasional “Maritime Security Desktop Exercise” (MSDE). Forum MSDE tahun ini fokus pada pembahasan isu keamanan dan keselamatan laut, terutama terkait isu sindikat peredaran obat terlarang (drugs). Isu tersebut  akan dibahas merujuk hukum laut internasional dari United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS).

Acara yang diselenggarakan selama 3 hari tersebut (18-20 Juni 2019), dihadiri oleh berbagai instansi/lembaga terkait seperti: Kementerian Luar Negeri, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Australian Border Force, Maritime Border Command (MBC), dan lainnya.  Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (TRLH) turut hadir mewakili Gubernur DKI Jakarta untuk memberikan sambutan pembuka dalam acara tersebut.

Deputi TRLH menyampaikan bahwa salah satu fungsi utama DKI Jakarta adalah sebagai kota pelabuhan perdagangan (trading port) utama di Indonesia, sehingga keamanan dan keselamatan laut menjadi kunci dalam menjaga stabilitas perdagangan internasional DKI Jakarta dan Indonesia. Diharapkan forum MSDE dapat menjadi wadah berbagi informasi, pengalaman, dan berjejaring bagi seluruh instansi/lembaga terkait di Republik Indonesia.

Vice Admiral Bakamla dan Rear Admiral MBC menyampaikan bahwa laut bukan pemisah, namun sebagai sarana pemersatu antarbangsa. Diharapkan Forum MSDE dapat menghasilkan rumusan/strategi dalam menciptakan keamanan maritim bagi penduduk sipil (civil maritime security).

WhatsApp Image 2019-06-18 at 10.04.58 AM

Check Also

WhatsApp Image 2019-09-18 at 3.51.02 PM

Wawancara Mahasiswa Universitas Tarumanegara (UNTAR)

Jakarta, 17 September 2019. Mahasiswa Magister dari UNTAR, Ivan Billy Zaini, berkunjung ke kantor Kedeputian Gubernur …