Home / Kliping / Sampah Plastik hingga Sisa Makanan Menumpuk di Pinggir Jalan Johar Baru
Tumpukan sampah yang berserakan dan berbau menyengat di Jalan Batara Guru, Johar Baru, Jakarta Pusat. Senin (17/6/2019)(KOMPAS.com/Ryana Aryadita)
Tumpukan sampah yang berserakan dan berbau menyengat di Jalan Batara Guru, Johar Baru, Jakarta Pusat. Senin (17/6/2019)(KOMPAS.com/Ryana Aryadita)

Sampah Plastik hingga Sisa Makanan Menumpuk di Pinggir Jalan Johar Baru

JAKARTA, KOMPAS.com – Sampah menumpuk di Jalan Batara Guru, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat. Pantauan Kompas.com di lokasi pada Senin (17/5/2019) sore, sampah tersebut menumpuk di salah satu sisi jalan. Sampah-sampah tersebut ada yang dimasukkan dalam karung berukuran besar berwarna putih maupun plastik sampah berwarna hitam. Namun, sampah tersebut diletakkan secara sembarangan dan berserakan. Bahkan tempat sampah berukuran besar yang tersedia sudah tak mampu menampung sampah.

Alhasil, sampah yang berada di dalamnya pun turut menyeruak keluar. Sampah ini terdiri dari berbagai macam jenis mulai dari plastik, kardus, kertas, papan, sisa makanan, hingga peralatan rumah tangga seperti ember berukuran besar. Ketika melewati jalan ini, bau busuk yang berasal dari sampah sangat tajam menusuk hidung. Sampah yang berserakan ini berdampingan dengan aliran kali. Salah satu warga, Syahid mengatakan sampah tersebut sudah ada beberapa hari. Biasanya petugas pengangkut sampah dari Suku Dinas Lingkungan hidup mengangkut sampah setiap pagi.

“Harusnya setiap pagi diangkut jadi enggak sebanyak ini. Ini kan dari semua rumah warga di sini makanya penuh,” ucapnya kepada Kompas.com. Ia mengaku risih dengan bau dan tumpukan sampah tersebut. Namun warga juga tak bisa berbuat banyak lantaran tidak bisa mengangkut sendiri. “Ya sebanyak ini ngangkutnya di mana. Buangnya pun kami engga tau jadi taruh di situ saja,” kata dia. Senada dengan hal itu, warga lainnya Laksmi mengaku turut membuang sampah di pinggir jalan itu. Ia tak punya pilihan lain karena menurutnya tak mungkin ditumpuk di rumah. “Rumah kami kan gang-gang sempit mbak. Sampah enggak dibuang malah bau di sekitar rumah. Jadinya semua buang di sini,” tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Sampah Plastik hingga Sisa Makanan Menumpuk di Pinggir Jalan Johar Baru”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/06/17/23322441/sampah-plastik-hingga-sisa-makanan-menumpuk-di-pinggir-jalan-johar-baru.
Penulis : Ryana Aryadita Umasugi
Editor : Dian Maharani

Check Also

Ilustrasi

Kemarau Panjang, Jakarta Utara Tak Diguyur Hujan Selama 60 Hari

Bisnis.com, JAKARTA–Warga Jakarta diminta bersiap untuk menghadapi puncak musim kemarau panjang dalam beberapa hari ke …