Home / Kliping / Anies: Masyarakat Betawi Telah Menjaga Jakarta Ratusan Tahun
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memotong tumpeng selepas upacara HUT ke-492 Jakarta di Monas, Sabtu (22/6/2019).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memotong tumpeng selepas upacara HUT ke-492 Jakarta di Monas, Sabtu (22/6/2019).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

Anies: Masyarakat Betawi Telah Menjaga Jakarta Ratusan Tahun

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyatakat Betawi berkaitan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-492 Jakarta yang diperingati pada Sabtu (22/6/2019) ini. Masyarakat Betawi dinilainya telah menjadi penjaga Jakarta selama ratusan tahun hingga hari ini. “Begitu bicara perjalanan Jakarta 492 tahun maka masyarakat Betawi-lah yang menjadi penjaga Ibu Kota selama ratusan tahun,” kata Anies selepas upacara peringatan HUT Jakarta di Monumen Nasional hari ini. Anies menyatakan, masyarakat Betawi juga sudah menjadi tuan rumah yang baik di Jakarta. Sebab, masyarakat Betawi telah menerima kedatangan banyak suku bangsa yang merantau ke Jakarta.

Anies mengatakan, keramahan masyarakat Betawi telah membuat Jakarta kini menjadi simpul perekonomian, budaya, dan persatuan Indonesia. “Mereka menjadi tuan rumah yang ramah kepada semua yang memungkinkan di kota ini tumbuh, berkembang gagasan-gagasan yang membuat kita memiliki persatuan seperti sekarang ini,” kata Anies. Peringatan HUT Jakarta kali ini mengambil tema “Wajah Baru Jakarta” yang dimeriahkan oleh sejumlah acara yang berlangsung di berbagai titik di Jakarta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Anies: Masyarakat Betawi Telah Menjaga Jakarta Ratusan Tahun”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/06/22/11024181/anies-masyarakat-betawi-telah-menjaga-jakarta-ratusan-tahun.
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Egidius Patnistik

Check Also

Permukiman padat di Bidaracina, di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (27/8/2015). Bidaracina merupakan kawasan yang akan digusur terkait proyek normalisasi dan sodetan Kali Ciliwung.(KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES)

Proyek Sodetan Ciliwung Dimulai, Ini Proses Ganti Rugi terhadap Warga Bidara Cina

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan …