Home / Kliping / HUT DKI, Anies Sebut Kesetaraan Masih Jadi PR di Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memotong tumpeng selepas upacara HUT ke-492 Jakarta di Monas, Sabtu (22/6/2019).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memotong tumpeng selepas upacara HUT ke-492 Jakarta di Monas, Sabtu (22/6/2019).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

HUT DKI, Anies Sebut Kesetaraan Masih Jadi PR di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, ketimpangan sosial di antara masyarakat masih menjadi salah satu pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pada ulang tahun ke-492 DKI Jakarta yang diperingati pada hari ini, Sabtu (22/6/2019). Anies mengatakan, pembangunan fisik yang terjadi di Ibu Kota harus diikuti dengan upaya memberikan keadilan bagi masyarakat Jakarta. “Saya garis bawahi memang kita memiliki beberapa ikon-ikon kebaruan yang nampak secara fisik tapi yang tidak kalah penting adalah juga dorongan kita untuk membuat Jakarta berkeadilan,” kata Anies di Monumen Nasional, Jakarta.

Anies menyebutkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mempunyai sejumlah program untuk mewujudkan keadilan sosial tersebut. Salah satunya adalah penyediaan kuota 20 persen bangku sekolah bagi pemegang KJP Plus. “Karena mereka berasal dari latar belakang keluarga yang terbatas. Efeknya mereka tidak bisa ikut kursus. Kalau dilihat angkanya bisa kalah dari yang lain, (maka) kita berikan kepada mereka afirmasi ini,” kata Anies. Anies melanjutkan, program lain yang telah disediakan oleh Pemprov DKI adalah Kartu Pekerja di mana para pekerja yang upahnya masih di sekitar UMP dapat memperoleh potongan biaya transportasi dan bahan pangan pokok.

“Ini contoh jadi memberikan kesempatan yang kecil untuk besar tanpa harus mengecilkan yang sekarang sudah besar. Kita ingin Jakarta yang memberikan kesmepatan yang setara bagi semuanya,” ujar dia. Pemprov DKI, lanjut Anies, telah mempunyai 60 program yang termasuk dalam Kegiatan Strategis Daerah. Menurut dia, program-program itu akan dituntaskan oleh Pemprov DKI. “Enam puluh lebih (program) inilah yang kita dorong sama-sama. Jadi bukan masalah yang populer dibicarakan di social media atau media tapi masalah yang tidakk dibicarakan pun bila itu penting, itulah yang akan kita kerjakan,” kata Anies.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “HUT DKI, Anies Sebut Kesetaraan Masih Jadi PR di Jakarta”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/06/22/13041941/hut-dki-anies-sebut-kesetaraan-masih-jadi-pr-di-jakarta.
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

Check Also

Permukiman padat di Bidaracina, di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (27/8/2015). Bidaracina merupakan kawasan yang akan digusur terkait proyek normalisasi dan sodetan Kali Ciliwung.(KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES)

Proyek Sodetan Ciliwung Dimulai, Ini Proses Ganti Rugi terhadap Warga Bidara Cina

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan …