Home / Kliping / Bus Listrik Akan Beroperasi di 2 Koridor Transjakarta, di Mana Saja?
Bus listrik ramah lingkungan yang akan diuji coba PT Transjakarta. Foto diambil Kamis (21/3/2019)(KOMPAS.com/RYANA ARYADITA)
Bus listrik ramah lingkungan yang akan diuji coba PT Transjakarta. Foto diambil Kamis (21/3/2019)(KOMPAS.com/RYANA ARYADITA)

Bus Listrik Akan Beroperasi di 2 Koridor Transjakarta, di Mana Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur PT Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan, pihaknya siap mengoperasikan bus listrik. Agung mengatakan, bus listrik akan beroperasi di koridor 1 dan 6. “Koridor 1 itu dari Bundaran HI sampai Kota, tetapi kami akan awali dari Senayan sampai Monas karena di situ kita bisa muter. Koridor 6 dari Ragunan sampai Kuningan,” kata Agung dalam acara diskusi ‘Kesiapan Kendaraan Listrik Mengaspal di Jakarta’ di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (23/6/2019).

Saat ini, lanjut dia, di dua koridor tersebut terdapat 140 bus berbahan bakar solar yang beroperasi dan melayani lebih dari 150 ribu penumpang. Nantinya akan ada 140 bus berbahan bakar solar yang diganti dengan bus listrik. “Untuk koridor 1 saja saat ini dari Bundaran HI ada 80 unit (bus solar) dengan jumlah pelanggan lebih dari 90 ribu orang per hari. Kalau koridor 6 itu sekitar 40 ribu pelanggan. Katakanlah kalau dua koridor itu kita jalankan ada 150 ribu orang akan diangkut dengan bus listrik per harinya,” ujarnya.

Saat ini, sudah ada tiga unit bus listrik transjakarta yang didatangkan dari produsen asal China. Ketiga bus itu tengah menjalani pra uji coba dan beropasi di sejumlah kawasan wisata di DKI Jakarta. PT Transjakarta segera menguji coba operasional bus listrik. Namun, masih terkendala penerbitan STNK.  Apabila STNK bus listrik bisa diterbitkan, maka PT Transjakarta akan langsung menguji coba operasional.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Bus Listrik Akan Beroperasi di 2 Koridor Transjakarta, di Mana Saja?”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/06/23/19021381/bus-listrik-akan-beroperasi-di-2-koridor-transjakarta-di-mana-saja.
Penulis : Dean Pahrevi
Editor : Kurnia Sari Aziza

Check Also

Ilustrasi

Kemarau Panjang, Jakarta Utara Tak Diguyur Hujan Selama 60 Hari

Bisnis.com, JAKARTA–Warga Jakarta diminta bersiap untuk menghadapi puncak musim kemarau panjang dalam beberapa hari ke …