Home / Kliping / Operasional Bus Listrik di Jakarta Terkendala Perpres
Bus listrik transjakarta di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2019)(KOMPAS.com/Ryana Aryadita)
Bus listrik transjakarta di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2019)(KOMPAS.com/Ryana Aryadita)

Operasional Bus Listrik di Jakarta Terkendala Perpres

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan, operasional bus listrik masih terkendala belum diterbitkannya Peraturan Presiden ( Perpres). Agung mengatakan, pihaknya baru mengantongi surat keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinisi DKI Jakarta Nomor 120 Tahun 2019 tentang Penugasan PT Transjakarta untuk Mengujicobakan Bus Listrik. “Yang belum ada adalah kebijakan di tingkat nasional. Kami mendengar bahwa ada draf perpres yang sedang disusun, kami mengharapkan ini akan menjadi sebuah dukungan dari pemerintah pusat ke pemerintah DKI untuk menjalankan bus listrik ini,” kata Agung dalam acara diskusi ‘Kesiapan Kendaraan Listrik Mengaspal di Jakarta’ di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (23/6/2019).

Saat ini, terdapat tiga unit bus listrik yang didatangkan dari produsen asal China. Ketiga bus itu tengah menjalani masa pra uji coba dengan dioperasikan di sejumlah kawasan wisata di DKI Jakarta. Selain terkendala Perpres, operasional bus juga terhalang belum terbitnya STNK.

“Ada kendala di proses uji tipe karena aturan yang digunakan masih menggunakan aturan yang sekarang terhadap bus listrik transjakarta, sedangkan bus ini bahan yang baru, yang belum pernah ada di Indonesia,” ujar Agung. Apabila STNK bus listrik bisa diterbitkan, maka PT Transjakarta akan langsung menguji coba operasional.  Uji coba akan dilakukan PT Transjakarta selama enam bulan di koridor 1 Blok M-Kota dan koridur 6 Ragunan-Dukuh Atas. Dalam uji coba akan dilihat berapa besar efisiensi dari penggunaan bus listrik tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Operasional Bus Listrik di Jakarta Terkendala Perpres”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/06/23/17404521/operasional-bus-listrik-di-jakarta-terkendala-perpres.
Penulis : Dean Pahrevi
Editor : Kurnia Sari Aziza

Check Also

Permukiman padat di Bidaracina, di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (27/8/2015). Bidaracina merupakan kawasan yang akan digusur terkait proyek normalisasi dan sodetan Kali Ciliwung.(KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES)

Proyek Sodetan Ciliwung Dimulai, Ini Proses Ganti Rugi terhadap Warga Bidara Cina

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan …