Home / Kegiatan / Audiensi PAX Global Energy
WhatsApp Image 2019-06-27 at 4.59.48 PM

Audiensi PAX Global Energy

Jakarta, 27 Juni 2019. PAX Global Energy (PAX GE) merupakan salah satu perusahaan asal Korea yang bergerak dibidang penyediaan energi baru terbarukan. Tujuan utama kunjungan PAX GE ke Kantor Deputi TRLH adalah untuk menawarkan dua proposal, yaitu: (i) pembangunan kawasan hijau Waste to Energy (WTE) di Marunda; dan (ii) revitalisasi TPST Bantar Gebang. Rapat tersebut dipimpin oleh Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, dan dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perindustrian dan Energi, serta PT. Jakarta Propertindo.

Kawasan hijau WTE merupakan kawasan yang berfungsi sebagai pusat pengelolaan sampah menjadi energi dan juga sebagai: (i) pusat edukasi; serta (ii) pusat pembelajaran (centre of excellence) pengelolaan kawasan. Kawasan WTE di Marunda akan dilengkapi dengan fasilitas dua Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) dan fasilitas pendukung.

Sementara itu, ada banyak hal yang perlu menjadi perhatian terkait proposal revitalisasi TPST Bantar Gebang. Saat ini, TPST Bantar Gebang sudah dalam kondisi kritis dengan ketinggian sampah sudah diambang batas maksimal, serta kemiringan lereng yang cukup curam dan menyebabkan rawan longsor. Diperkirakan TPST Bantar Gebang akan penuh pada tahun 2021. Tujuan utama revitalisasi adalah untuk mengurangi timbunan sampah di TPST Bantar Gebang, sehingga dapat memperpanjang usia pakai TPST serta sekaligus mencegah pencemaran lingkungan yang lebih parah.

Pembangunan kawasan hijau WTE di Marunda dan revitalisasi TPST Bantar Gebang akan bermanfaat dalam membantu mengurangi beban TPST Bantar Gebang yang berimplikasi pada perpanjangan umur penggunaan TPST tersebut dan bisa membuka peluang tersedianya lahan kosong dari hasil pengolahan sampah lama dengan estimasi ±5 Ha per tahunnya. Pembangunan kawasan hijau WTE di Marunda juga dapat menjadikan DKI Jakarta sebagai pusat pembelajaran (centre of excellence) dalam pengelolaan kawasan dan persampahan.

Check Also

WhatsApp Image 2019-07-11 at 21.20.43

Hari Keempat – 2019 Urban Resilience Summit

Rotterdam, 11 Juli 2019. Kegiatan 2019 Urban Resilience Summit ini merupakan ajang berbagi kesempatan bagi para pesertanya …