Home / Kliping / Jakarta Masuk Tiga Kota Terbaik Dunia soal Inovasi Transportasi
Bus transjakarta melintas di koridor 13 Cileduk - Tendean, Jakarta Selatan, Senin (14/8/2017).(KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO)
Bus transjakarta melintas di koridor 13 Cileduk - Tendean, Jakarta Selatan, Senin (14/8/2017).(KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO)

Jakarta Masuk Tiga Kota Terbaik Dunia soal Inovasi Transportasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jakarta berhasil masuk dalam jajaran tiga kota terbaik di dunia dalam hal terobosan transportasi dalam ajang tahunan Sustainable Transport Award (STA) 2020, Kamis (27/6/2019).

Selain Jakarta, dua kota lain, yakni Pune (India) dan Kigali (Rwanda), juga bersaing memperebutkan gelar juara.

Terobosan utama yang memboyong Jakarta ke posisi ini, menurut STA, ialah kemajuan sistem BRT ( bus rapid transit) dan meningkatnya okupansi pengguna bus.

“Jakarta, Indonesia telah dua kali lipat meningkatkan jumlah BRT dan penumpang bus, melalui sistem integrasi yang lebih bagus dan memperbaiki akses menuju halte dan stasiun,” tulis STA seperti dikutip dari laman resmi Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) Indonesia.

Jakarta sukses menaklukkan kota-kota mentereng lain, yang beberapa di antaranya merupakan kota di negara maju, seperti Richmond (Amerika Serikat) dan Kingston (Kanada). Ada pula San Jose (Kosta Rika), Kingston (Kanada) dan Bogota (Kolombia) yang berhasil dilengserkan Jakarta.

Dalam laman resminya, STA menyebut penghargaan ini mempertimbangkan berbagai kota yang berhasil berinovasi dalam meningkatkan mobilitas warganya, mengurangi emisi, dan memperbaiki akses serta keamanan pejalan kaki dan pesepeda.

Penghargaan ini telah rutin diberikan sejak 2005 kepada kota berbagai ukuran, termasuk kota ukuran sedang di negara berkembang hingga metropolis di negara-negara maju.

Pemenang STA 2020 bakal diumumkan di Fortaleza, Brazil, kota pemenang STA 2019. Sementara itu, penganugerahan pemenang bakal dilangsungkan di Washington DC, Amerika Serikat, Januari 2020 mendatang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Jakarta Masuk Tiga Kota Terbaik Dunia soal Inovasi Transportasi”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/06/28/07311611/jakarta-masuk-tiga-kota-terbaik-dunia-soal-inovasi-transportasi.
Penulis : Vitorio Mantalean
Editor : Dian Maharani

Check Also

Permukiman padat di Bidaracina, di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (27/8/2015). Bidaracina merupakan kawasan yang akan digusur terkait proyek normalisasi dan sodetan Kali Ciliwung.(KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES)

Proyek Sodetan Ciliwung Dimulai, Ini Proses Ganti Rugi terhadap Warga Bidara Cina

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan …