Home / Kegiatan / 400th Pertemuan Budaya Timur dan Barat: Dinamika Ekonomi Megapolitan Jakarta
WhatsApp Image 2019-07-01 at 2.59.00 PM

400th Pertemuan Budaya Timur dan Barat: Dinamika Ekonomi Megapolitan Jakarta

Jakarta, 1 Juli 2019. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menyelenggarakan seminar dengan tema 400 Tahun Pertemuan Budaya Timur dan Barat: Dinamika Ekonomi Megapolitan Jakarta”. Seminar tersebut diselenggarakan sebagai wadah bagi penggiat kesejarahan, kebudayaan, serta pariwisata untuk berbagi informasi, pengalaman, dan memperluas jejaring.

Acara tersebut dibuka oleh Plt. Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata, dan turut hadir Sekretaris Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kepala UPK Kota Tua, Plh. Kepala Unit Museum Kesejarahan Jakarta, Ketua Asosiasi Museum Indonesia, Kepala Museum Bank Mandiri dan Bank Indonesia, akademisi, budayawan, serta guru sejarah sekolah menengah bawah dan atas.

Dalam acara tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mendapatkan hibah berupa 2 benda sejarah, yaitu: (i) alat timbang koin zaman VOC; dan (ii) koin real. Kedua benda sejarah yang dibuat pada tahun 1939 tersebut, diberikan oleh seorang warga belanda bernama Arnold Haag.

Kedua benda sejarah tersebut akan menjadi koleksi tambahan bagi Museum Sejarah DKI Jakarta, dan diharapkan dapat menjadi wawasan baru bagi pengunjung. Plt. Deputi bidang Budpar menambahkan harapan agar masyarakat juga terdorong menghibahkan benda-benda sejarah yang dimiliki. Hal ini sebagai upaya pelestarian budaya Indonesia.

Seminar dilanjutkan dengan pembicaraan mengenai peran sejarah dan objek budaya dalam pengembangan ekonomi. Disampaikan oleh beberapa pembicara bahwa objek budaya sebagai salah satu sumber referensi untuk pengembangan ekonomi kreatif (contoh: pembuatan film, buku fiksi, dan lainnya). Selain itu, disampaikan juga bahwa museum berperan penting sebagai wadah untuk memberikan inspirasi kepada seluruh lapisan masyarakat berdasarkan nilai kesejarahan dan kebudayaan. Oleh sebab itu, museum perlu dikembangkan dan dibangun dengan nilai-nilai inklusifitas.

Check Also

WhatsApp Image 2019-07-11 at 21.20.43

Hari Keempat – 2019 Urban Resilience Summit

Rotterdam, 11 Juli 2019. Kegiatan 2019 Urban Resilience Summit ini merupakan ajang berbagi kesempatan bagi para pesertanya …