Home / Kegiatan / Diskusi Isu Strategis Megapolitan Jakarta
WhatsApp Image 2019-07-02 at 1.30.36 PM

Diskusi Isu Strategis Megapolitan Jakarta

Jakarta, 2 Juli 2019. Kedeputian Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (TRLH) menyelenggarakan diskusi isu strategis Megapolitan Jakarta dengan para alumni PWK ITB yang bekerja sebagai PNS di Jabodetabek. Diskusi tersebut diselenggarakan sebagai sarana berbagi informasi, pengalaman, dan memperkuat jejaring antarperencana kota yang bekerja sebagai PNS dalam menyelesaikan isu-isu strategis terkait megapolitan Jakarta.

Dalam diskusi, dibahas beberapa hal mengenai isu strategis Provinsi DKI Jakarta, antara lain: (i) keterbatasan air bersih dan belum optimalnya sistem pengelolaan sampah dan limbah; (ii) polusi udara; dan (iii) belum optimalnya sistem transportasi. Selain DKI Jakarta, perwakilan Kab. Bogor menyampaikan bahwa Kab. Bogor menjadi salah satu wilayah yang perlu mendapat perhatian di Jabodetabek karena beberapa hal, yaitu: (i) luasan wilayah besar (±300Ha); (ii) berada di wilayah hulu sungai; (iii) pusat bekumpulnya industri pengolahan Jabodetabek. Isu strategis yang dihadapi oleh Kab. Bogor antara lain: (i) lahan pertanian yang semakin menyusut; (ii) keterbatasan air bersih karena pencemaran di hulu; (iii) transportasi yang belum optimal baik di dalam wilayah maupun lintas wilayah.

Deputi TRLH menyampaikan bahwa penanganan isu-isu di wilayah Jabodetabek dihadapkan pada permasalahan pemerintahan, yaitu working in silo dan fragmented governance. Working in Silo adalah kondisi dimana tidak terjadi koordinasi antarlembaga pemerintah, sedangkan fragmented governance adalah kondisi dimana pembangunan lintas wilayah di Jabodetabek belum saling terintegrasi. Sejalan dengan hal tersebut, peserta rapat bersepakat membentuk sebuah forum perencana kota lintas daerah yang dapat digunakan sebagai upaya membenahi komunikasi dan koordinasi antarwilayah di Jabodetabek. Pertemuan forum perencana kota direncanakan dilakukan setiap 2 bulan sekali. Forum selanjutnya akan diselenggarakan oleh Kedeputian TRLH dan menghadirkan narasumber untuk membahas isu transportasi di DKI Jakarta.

Check Also

WhatsApp Image 2019-09-18 at 3.51.02 PM

Wawancara Mahasiswa Universitas Tarumanegara (UNTAR)

Jakarta, 17 September 2019. Mahasiswa Magister dari UNTAR, Ivan Billy Zaini, berkunjung ke kantor Kedeputian Gubernur …