Home / Kliping / Lahan Masih Sengketa, Proyek Stadion BMW Masuk Tahap Persiapan
Tahap persiapan proyek stadion BMW, tampak beberapa pancang yang sudah terpasang di beberapa titik. Papanggo, Jakarta Utara. TEMPO/Muh Halwi
Tahap persiapan proyek stadion BMW, tampak beberapa pancang yang sudah terpasang di beberapa titik. Papanggo, Jakarta Utara. TEMPO/Muh Halwi

Lahan Masih Sengketa, Proyek Stadion BMW Masuk Tahap Persiapan

TEMPO.CO, Jakarta – Pekerjaan proyek pembangunan Stadion BMW, Jakarta Utara mulai berjalan. Pengawas konstruksi lapangan dari PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Akmal mengatakan pembangunan stadion bertaraf internasional itu sudah melakukan persiapan.

“Saat ini kita dalam tahap progres persiapan, dimana pemasangan pancang sudah dilakukan dan planning rencana kita target sampai 2021 akhir,” kata Akmal di lahan Stadion BMW, Jakarta Utara, Senin, 8 Juli 2019.

Akmal mengatakan pemasangan tiang pancang sedang dilakukan secara bertahap. Saat ini, kata dia, sudah terpasang di 73 titik.

Menurut Akmal, persiapan proyek pembangunan, khususnya untuk pemasangan pancang baru saja dimulai awal Juni 2019. Setelah itu, kata dia, akan dilanjutkan dengan pemasangan konstruksi utama seperti pile cap, kolom, dan slep.

Dari pantauan Tempo pada Senin sore, sejumlah tiang besar sudah berdiri tegak di tengah-tengah tanah yang lapang. Di sudut yang lain, ada tiang-tiang pancang yang bertumpuk menunggu dipasang.

Selain itu, beberapa alat berat seperti back hoe tampak di sekitar area proyek. “Kita ada delapan alat berat yang beroperasi dan sampai saat ini semua kondisinya baik,” ujar Akmal.

Pembangunan Stadion BMW ini telah ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Kamis, 14 Maret 2019. Stadion ini dijanjikan akan menjadi kandang klub Persija.

Meski tak sampai menghentikan perencanaan pembangunan, saat ini lahan yang akan menjadi lokasi pembangunan Stadion BMW tengah bersengketa. PT Buana Permata Hijau memenangkan gugatan atas dua sertifikat hak pakai Taman BMW pada Mei 2019. Atas putusan itu, pemerintah DKI disebut tak lagi memiliki dasar hukum untuk menggunakan sebagian lahan Taman BMW dalam sertifikat itu. Saat ini, pemerintah DKI tengah menyiapkan memori banding atas putusan itu.

Artikel ini telah tayang di metro.tempo.co dengan judul “Lahan Masih Sengketa, Proyek Stadion BMW Masuk Tahap Persiapan”, https://metro.tempo.co/read/1222560/lahan-masih-sengketa-proyek-stadion-bmw-masuk-tahap-persiapan/full&view=ok
Reporter : Muh Halwi
Editor : Ninis Chairunnisa

Check Also

Permukiman padat di Bidaracina, di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (27/8/2015). Bidaracina merupakan kawasan yang akan digusur terkait proyek normalisasi dan sodetan Kali Ciliwung.(KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES)

Proyek Sodetan Ciliwung Dimulai, Ini Proses Ganti Rugi terhadap Warga Bidara Cina

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan …