Home / Kliping / Musim Kemarau, Sejumlah Wilayah di Jakarta Bisa Sebulan Tak Hujan
1409286-kekeringan-musim-kemarau--780x390

Musim Kemarau, Sejumlah Wilayah di Jakarta Bisa Sebulan Tak Hujan

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan (Pusdatin) BPBD DKI Jakarta M Ridwan mengatakan, sejumlah wilayah di Jakarta masuk golongan hari tanpa hujan kategori panjang pada musim kemarau ini.

Artinya, di sejumlah wilayah DKI bisa tidak terjadi hujan sampai satu bulan lamanya.

“Hari tanpa hujan kategori panjang, 21-30 hari. Nah ini di Halim, Kembangan Utara, Pakubuwono, Pulogadung, Setiabudi Timur, Tanjung Priuk,” ujar Ridwan saat dihubungi, Selasa (9/7/2019).

Wilayah lain yang masuk kategori itu, yakni Kemayoran, Sunter Hulu, Sunter Kodamar, Tanjungan, Teluk Gong, Tomang Barat, dan Waduk Melati.

Selain itu, ada juga wilayah Jakarta yang masuk golongan hari tanpa hujan kategori menengah.

“Kategori menengah yang hari tanpa hujan sekitar 11-20 hari. Itu berada di Angke Hulu, Cengkareng, Ciganjur, Halim, Karet, Kedoya Selatan, Krukut Hulu, Lebak Bulus, Manggarai, Pasar Minggu, Pesanggrahan, pompa Cideng, dan Ragunan,” kata Ridwan.

Ridwan menyampaikan, penggolongan wilayah tersebut didasarkan pada data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Hari tanpa hujan muncul akibat cuaca ekstrem.

Meskipun demikian, Ridwan menyebut belum ada wilayah Jakarta yang kekeringan.

“Kami sudah monitor ke seluruh wilayah, alhamdulillah sampai saat ini belum ada (kekeringan),” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Musim Kemarau, Sejumlah Wilayah di Jakarta Bisa Sebulan Tak Hujan”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/07/10/07354101/musim-kemarau-sejumlah-wilayah-di-jakarta-bisa-sebulan-tak-hujan.
Penulis : Nursita Sari
Editor : Sandro Gatra

Check Also

Ilustrasi

Kemarau Panjang, Jakarta Utara Tak Diguyur Hujan Selama 60 Hari

Bisnis.com, JAKARTA–Warga Jakarta diminta bersiap untuk menghadapi puncak musim kemarau panjang dalam beberapa hari ke …