Home / Kegiatan / Lokakarya Serah Terima Strategi Pemasaran PD. PAL Jaya
IMG_0517

Lokakarya Serah Terima Strategi Pemasaran PD. PAL Jaya

Jakarta, 10 Juli 2019. PD. PAL Jaya bekerjasama dengan USAID IUWASH PLUS (Indonesian Urban Water, Sanitation, and Hygiene Penyehatan Lingkungan Untuk Semua) menyelenggarakan Lokakarya bertemakan “Serah Terima Strategi Pemasaran PD. PAL Jaya”. Lokakarya bertujuan untuk membahas dan menyempurnakan strategi pemasaran PD. PAL Jaya yang telah disusun oleh Markplus.Inc. Sebagai informasi, USAID IUWASH PLUS merupakan mitra pembangunan yang didanai USAID dan bergerak dibidang peningkatan kapasitas lembaga/instansi pemerintah/BUMD dalam penyediaan air bersih, sanitasi, dan kebersihan lingkungan. Sedangkan Markplus.Inc adalah perusahaan yang bergerak dibidang konsultasi pemasaran bisnis.

Lokakarya tersebut dibuka oleh: (i) Walter Sahanaya selaku perwakilan dari USAID IUWASH PLUS; (ii) Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup; dan (iii) Direktur Utama PD. PAL Jaya. Turut hadir dalam lokakarya tersebut Jajaran PD PAL Jaya (beserta Dewan Pengawas PD PAL Jaya), unsur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman/PRKP, Dinas Kesehatan/Dinkes, Biro Hukum, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik/Diskominfotik, PD. PAM Jaya, dan staf Deputi Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup.), Mitra Pembangunan (UNICEF, USAID IUWASH PLUS), Perusahaan Air daerah (PDAM Kota Medan, PDAM Kota Balikpapan, PDAM Kota Banjarmasin, PDAM Kota Palembang, Perumda Air Minum Kota Surakarta), dan Markplus.Inc.

Saat ini, Jakarta merupakan kota nomor 5 (lima) di dunia yang mengalami kelangkaan air bersih. Hal tersebut diperburuk dengan adanya kontaminasi sumur dangkal DKI Jakarta dikarenakan sanitasi dan tangki septik yang belum digunakan oleh seluruh pemilik bangunan dan belum sesuai standar (tidak kedap, tidak disedot). Untuk mencegah pencemaran air sumur yang lebih masif, perlu dilakukan peningkatkan kegiatan yang bersifat On-site (lokasi tidak terhubung dengan sistem perpipaan) seperti: (i) revitalisasi tangki septik; (ii) pembangunan toilet komunal; dan (iii) pembangunan interceptor di area sekitar sungai. Menanggapi hal tersebut, Pemprov DKI Jakarta telah menjadikan isu air bersih dan sanitasi kedalam Kegiatan Strategis Daerah yang harus dituntaskan sebelum tahun 2022.

Riset yang dilakukan oleh Markplus.Inc adalah mengenai perilaku konsumen terhadap layanan on-site PD PAL Jaya, yaitu (i) Layanan Sedot WC; (ii) Penyediaan Tangki Septik; dan (iii) Penyediaan sistem perpipaan. Riset tersebut menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui pengisian kuisioner dari 400 sampel responden dari DKI Jakarta. Pemilihan tersebut sudah dilakukan dengan metode multistage random sampling yang memiliki simpangan 5%. Pengisian kuisioner dilakukan melalui Face-to-Face Interview, Indepth Interview, maupun Forum Group Discussion (FGD).

Beberapa temuan penting hasil riset antara lain:

  • Hanya 69% responden yang menggunakan tangki septik.
  • Sejumlah 45% responden memiliki pengetahuan rendah mengenai fungsi dan manfaat tangki septik masih rendah. Contoh: Besarnya anggapan bahwa layanan sedot WC bukan kebutuhan rutin. Selain itu kelompok ini merasa bahwa sanitasi menjadi urusan pemerintah, bukan pribadi.
  • Sejumlah 41% responden berpenghasilan rendah sehingga kebersihan sanitasi belum menjadi prioritas utama.
  • Hanya 14% responden yang sudah sadar akan pentingnya sanitasi dan memiliki fasilitas yang mendukung.

Berdasarkan hal tersebut, strategi pemasaran yang diusulkan adalah:

  • Melakukan Brand positioning dan diferensiasi produk untuk meningkatkan ketertarikan konsumen;
  • Komunikasi publik untuk peningkatan pengetahuan masyarakat terhadap pentingnya tangki septik, layanan sedot WC, dan lainnya.
  • Optimalisasi penyebaran informasi produk PD PAL Jaya baik melalui online atau offline.
  • Pelibatan aktif masyarakat dalam mempromosikan pentingnya kebersihan sanitasi melalui komunitas rumah tangga dan sejenisnya.

Strategi pemasaran tersebut akan dilengkapi lebih lanjut sesuai dengan hasil lokakarya. PD PAL Jaya berharap agar USAID IUWASH PLUS dan Markplus.Inc dapat memberi dukungan lanjutan berupa pendampingan kepada SDM PD PAL Jaya dalam mengimplementasikan strategi pemasaran.

Check Also

WhatsApp Image 2019-10-29 at 4.15.29 PM

Rapat Teknis Persiapan Penyelenggaraan Seminar “Toward a Resillient City with a Sustainable and Smart Approach”

Jakarta, 29 Oktober 2019. Kedutaan Besar Perancis pada tanggal 28 November 2019 bekerjasama dengan Pemprov DKI …