Home / Kliping / FIA Masih dalam Tahap Diskusi Jadikan Jakarta sebagai Tuan Rumah Formula E 2020
Pebalap berlomba melewati tikungan dalam Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.(AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado)
Pebalap berlomba melewati tikungan dalam Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.(AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado)

FIA Masih dalam Tahap Diskusi Jadikan Jakarta sebagai Tuan Rumah Formula E 2020

JAKARTA, KOMPAS.com – Federasi Otomotif Internasional ( FIA) Formula E (FE) masih dalam tahap diskusi atau pembahasan mengenai kemungkinan memilih Jakarta sebagai tuan rumah balap mobil Formula E. Dikutip dari situs motorsport.com, juru bicara FE mengatakan bahwa pihakan belum dapat membuat keputusan apapun. “Kami sedang dalam diskusi lanjutan tetapi belum dapat membuat pengumuman apa pun,” ucap juru bicara Formula E, dikutip dari motorsport.com, Senin (14/7/2019). Ia mengatakan, saat ini Formula E memiliki dua jadwal yang masih bisa berubah untuk tahun 2019/2020. Pertama, pertandingan dijadwalkan 14 desember 2019, motorsport mempertimbankan Jakarta sebagai lokasinya. Tetapi hal tersebut diperkirakan tidak bisa terjadi karena jangka waktu yang mepet untuk persiapan setelah penyelenggaraan pemilu. “Penyelenggaraan perlombaan Formula E pada tahun 2020/2021 lebih memungkinkan walaupun target awal penyelenggaran pada tahun 2019/2020,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Jakarta bakal menjadi tuan rumah turnamen bFormula E Tahun 2020. Formula E adalah turnamen balap mobil bertenaga listrik yang digelar di sirkuit jalan raya. Ia menginformasikan hal itu melalui akun Instagram-nya, @aniesbaswedan, Minggu (14/7/2019). “Alhamdulillah, berhasil! Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020,” tulis Anies dalam keterangan foto di akun Instagram-nya. Anies terbang langsung dari Medellin, Kolombia, menuju New York, Amerika Serikat, untuk bernegosiasi dengan lembaga pengelola Formula E, Sabtu (13/7/2019).

“Bernegosiasi dengan Alexandro Agag dan Alberto Longo, para pemimpin tertinggi Formula-E yang juga legenda dunia balap mobil,” kata Anies. Dalam pertemuan itu, Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan bahan yang lengkap. Menurut Anies, pihaknya sudah mempersiapkan pertemuan dengan pengelola Formula E sejak tiga bulan lalu. “Di ujungnya kita bersepakat, Jakarta lebih dari layak dipilih menjadi tuan rumah,” ucap Anies.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “FIA Masih dalam Tahap Diskusi Jadikan Jakarta sebagai Tuan Rumah Formula E 2020”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/07/16/11150371/fia-masih-dalam-tahap-diskusi-jadikan-jakarta-sebagai-tuan-rumah-formula.
Penulis : Ryana Aryadita Umasugi
Editor : Irfan Maullana

Check Also

Pekerja akan memindahkan sejumlah tiang yang menghalangi jalur sepeda di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (01/08/2018). Jalur sepeda di sepanjang jalan ini terhalang beberapa tiang lampu penerangan jalan umum (PJU), tiang lampu lalu lintas, hingga tiang rambu penunjuk jalan.(KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI)

Perluasan Jalur Sepeda, Efektifkah untuk Mengurangi Polusi Udara?

KOMPAS.com – Bersepeda sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat DKI Jakarta. Ada yang menggunakannya …