Home / Kliping / Pengamat Sarankan Pemprov DKI Contek Singapura yang Sukses Gelar Balapan di Jalan Raya
Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.(AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado)
Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.(AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado)

Pengamat Sarankan Pemprov DKI Contek Singapura yang Sukses Gelar Balapan di Jalan Raya

JAKARTA,KOMPAS.com – Pengamat tata kota Yayat Supriatna menilai Pemprov DKI Jakarta harus melirik ke Singapura apabila serius menggelar ajang balapan di dalam kota. Dia menilai Singapura matang mempersiapkan fasilitas yang memadai, dari mulai lintasan balap hingga peralihan arus lalu lintas selama balapan Formula 1 digelar di jalan raya. Selain itu, Singapura juga dinilai bisa memanfatkaan momen tersebut sebagai peluang menarik wisatawan internasional “Belajarlah dari Singapura yang betul-betul detail terencana. Kemudian juga bukan tidak sekedar lomba, tapi bagaimana mengelola aspek wisatanya dengan baik,” kaya Yayat saat dihubungi Kompas.com, Senin (15/7/2019).

Hal tersebut dapat terjadi jika terjadi sinergitas yang baik antara pemerintah kota, pemerintah pusat dan aparat penegak hukum. Dengan bersinergi, Yayat merasa yakin bahwa Jakarta bisa menarik banyak wisatawan asing dan berdampak baik bagi pertumbuhan ekonomi masyarkat. “Karena kalau balap formula yang model di Singapura itu betul-betul bisa mengundang wisatawan. Nah persiapan itu betul-betul harus dibangun, bukan sekadar ada lomba formula seperti itu tapi kita tidak mampu memanfaatkan dan mengoptimalkan untuk kepentingan Jakarta dan masyarakat,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Jakarta bakal menjadi tuan rumah turnamen Formula E Tahun 2020. Formula E adalah turnamen balap mobil bertenaga listrik yang digelar di sirkuit jalan raya. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginformasikan hal itu melalui akun Instagram-nya, @aniesbaswedan, Minggu (14/7/2019). “Alhamdulillah, berhasil! Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020,” tulis Anies dalam keterangan foto di akun Instagram-nya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pengamat Sarankan Pemprov DKI Contek Singapura yang Sukses Gelar Balapan di Jalan Raya”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/07/16/08433421/pengamat-sarankan-pemprov-dki-contek-singapura-yang-sukses-gelar-balapan.
Penulis : Walda Marison
Editor : Irfan Maullana

Check Also

Petugas PPSU mengangkat limbah hewan kurban yang dibuang sembarangan oleh warga di Kali Ancol(JIMMY RAMADHAN AZHARI)

Petugas PPSU Angkat Limbah Hewan Kurban yang Dibuang ke Kali Ancol

JAKARTA, KOMPAS.com – Limbah hewan kurban ditemukan terapung di Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara pada …