Home / Kliping / Di Kolombia, Anies Bicara soal Transformasi Angkutan Umum Jakarta 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai meninjau lokasi kebakaran 30 rumah di Jalan Cipinang Jaya I, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (7/7/2019).(DEAN PAHREVI/KOMPAS.com )
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai meninjau lokasi kebakaran 30 rumah di Jalan Cipinang Jaya I, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (7/7/2019).(DEAN PAHREVI/KOMPAS.com )

Di Kolombia, Anies Bicara soal Transformasi Angkutan Umum Jakarta 

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan soal transformasi angkutan umum di Jakarta saat menjadi pembicara dalam World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) di Medellin, Kolombia. Hal itu diketahui dari unggahan foto di akun Instagram-nya, @aniesbaswedan, Rabu (17/7/2019). “Dalam kesempatan ini menjelaskan tentang transformasi kota dan pembangunan masyarakatnya di Jakarta, termasuk di bidang angkutan umum massal,” tulis Anies dalam keterangan foto di akun Instagram-nya.

Anies menyampaikan, program integrasi angkutan umum Jak Lingko mendapat respons positif dari warga Jakarta. Jumlah pengguna kendaraan umum di Jakarta yang semula 123 juta penumpang pada 2016, melonjak menjadi 189 juta penumpang pada 2018 dengan adanya Jak Lingko. “Diproyeksikan menjadi 255 juta di tahun 2019,” kata Anies. Peningkatan jumlah pengguna angkutan umum, lanjut Anies, menunjukkan bahwa Pemprov DKI mengambil langkah yang benar untuk mengurangi jumlah pengguna kendaraan pribadi. Hal itu akan berdampak pada berkurangnya polusi udara sehingga kualitas udara Jakarta membaik.

Menurut Anies, hal yang dia sampaikan dalam forum WCSMF merupakan bagian dari kontribusi Pemprov DKI Jakarta pada dunia dan sesuai dengan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. “Berbagi gagasan dan pengalaman seperti ini adalah bagian dari kontribusi kita pada dunia,” kata Anies. Menurut Anies, hal yang dia sampaikan di forum itu juga bisa jadi bermanfaat untuk kota-kota lain di dunia. “Terobosan-terobosan yang kita bagikan, bisa jadi bahan yang bermanfaat bagi semua,” ujarnya. Selain Anies, Wali Kota Seoul, Korea Selatan, Park Won-soon, juga menjadi pembicara dalam forum WCSMF. Anies merasa terhormat bisa menjadi pembicara dalam forum itu. “Pertemuan global seperti ini bukan saja menjadi ajang tukar menukar pengalaman, ini juga jadi ajang bagi kita untuk ikut kontribusi bagi kemajuan dunia,” ujar Anies. “Sebuah kehormatan tersendiri bahwa Walikota Seoul dan Gubernur Jakarta menjadi pemberi keynote address dalam pertemuan global ini,” lanjutnya. Anies berangkat ke Kolombia pada Selasa (9/7/2019) malam.

Dari Kolombia, Anies berangkat langsung ke Amerika Serikat untuk menghadiri undangan dari organisasi United States-Indonesia Society (USINDO). Dia menjadi pembicara dalam forum USINDO. Anies akan tiba di Jakarta pada Kamis (18/7/2019) besok.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Di Kolombia, Anies Bicara soal Transformasi Angkutan Umum Jakarta”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/07/17/19085841/di-kolombia-anies-bicara-soal-transformasi-angkutan-umum-jakarta.
Penulis : Nursita Sari
Editor : Sandro Gatra

Check Also

Pekerja akan memindahkan sejumlah tiang yang menghalangi jalur sepeda di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (01/08/2018). Jalur sepeda di sepanjang jalan ini terhalang beberapa tiang lampu penerangan jalan umum (PJU), tiang lampu lalu lintas, hingga tiang rambu penunjuk jalan.(KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI)

Perluasan Jalur Sepeda, Efektifkah untuk Mengurangi Polusi Udara?

KOMPAS.com – Bersepeda sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat DKI Jakarta. Ada yang menggunakannya …