Home / Kliping / Pemprov DKI Akan Bagikan Tanaman Lidah Mertua untuk Tekan Polusi Udara
Ilustrasi lidah mertua (Sansevieria trifasciata).
Ilustrasi lidah mertua (Sansevieria trifasciata).

Pemprov DKI Akan Bagikan Tanaman Lidah Mertua untuk Tekan Polusi Udara

JAKARTA, KOMPAS.com – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta akan membagikan tanaman lidah mertua secara gratis kepada warga. Tujuannya untuk mengurangi polusi udara di Jakarta. Sekretaris Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, tanaman lidah mertua efektif mengurangi polusi udara. “Yang sudah ada penelitiannya, lidah mertua itu lebih efektif (mengurangi polusi udara). Jadi, tahun 2013 itu ada salah satu peneliti dari Semarang, saya baca, tanaman lidah mertua mampu menyerap 107 polutan udara,” kata Suharini saat dihubungi, Senin (22/7/2019).

Ia menyampaikan, tanaman lidah mertua rencananya akan dibagikan secara gratis pada Agustus mendatang. Pemprov DKI saat ini masih melakukan lelang pengadaan tanaman tersebut. “Ini memang program kami, tapi kami mulainya nanti bulan Agustus,” kata dia. Selain lidah mertua, Dinas KPKP juga akan membagikan jenis tanaman lainnya. Sebab, tanaman lain juga berfungsi untuk mengurangi polusi udara dengan menyerap karbondioksida (CO2). “Pada dasarnya semua tanaman itu punya manfaat karena begitu melakukan proses fotosintesa, itu akan mengeluarkan O2 (oksigen) dan menangkap CO2,” kata Suharini. Program pembagian tanaman secara gratis, lanjut Suharini, sebenarnya sudah berlangsung. Warga cukup menukarkan fotokopi KTP untuk mendapatkan dua tanaman secara gratis. Namun, khusus untuk tanaman lidah mertua, Dinas KPKP baru akan dibagikan pada Agustus karena saat ini jumlahnya terbatas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pemprov DKI Akan Bagikan Tanaman Lidah Mertua untuk Tekan Polusi Udara”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/07/22/18470371/pemprov-dki-akan-bagikan-tanaman-lidah-mertua-untuk-tekan-polusi-udara.
Penulis : Nursita Sari
Editor : Egidius Patnistik

Check Also

Pekerja akan memindahkan sejumlah tiang yang menghalangi jalur sepeda di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (01/08/2018). Jalur sepeda di sepanjang jalan ini terhalang beberapa tiang lampu penerangan jalan umum (PJU), tiang lampu lalu lintas, hingga tiang rambu penunjuk jalan.(KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI)

Perluasan Jalur Sepeda, Efektifkah untuk Mengurangi Polusi Udara?

KOMPAS.com – Bersepeda sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat DKI Jakarta. Ada yang menggunakannya …