Home / Kliping / Pemprov DKI Siapkan 14 Rencana untuk Atasi Polusi Udara 
Plt Kadis Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (3/7/2019)(RYANA ARYADITA UMASUGI)
Plt Kadis Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (3/7/2019)(RYANA ARYADITA UMASUGI)

Pemprov DKI Siapkan 14 Rencana untuk Atasi Polusi Udara 

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan 14 rencana yang akan dikerjakan sampai 2030 untuk mengatasi polusi udara Jakarta. Semua rencana itu tercantum dalam peta jalan atau roadmap bertajuk “Jakarta Cleaner Air 2030”. “14 rencana aksi, antara lain monitoring kualitas udara, pengembangan transportasi umum ramah lingkungan, penerapan uji emisi kendaraan bermotor,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih, Jumat (26/7/2019). Rencana lainnya yakni pengendalian kualitas udara kegiatan industri dan penyediaan bahan bakar ramah lingkungan.

Andono menyebut rencana aksi lainnya secara lengkap akan diumumkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. “Nanti akan diumumkan khusus oleh Pak Gubernur ya,” kata dia. Salah satu rencana yang sudah dikerjakan, kata Andono, yakni pembangunan transportasi massal moda raya terpadu (MRT) dan lintas rel terpadu (LRT). Ada juga rencana yang akan segera direalisasikan dalam waktu dekat. “Aksi yang segera akan dieksekusi adalah pengadaan bus transjakarta berbahan bakar listrik, penerapan uji emisi sebagai syarat parkir kendaraan bermotor, serta operasi lintas jaya terhadap kendaraan umum yang emisinya melampaui ambang batas,” ucap Andono.

Selain rencana yang dikerjakan Pemprov DKI, lanjut Andono, masyarakat juga bisa ikut berperan memperbaiki kualitas udara Jakarta. “(Caranya) yaitu menggunakan transportasi umum, menggiatkan berjalan kaki, dan bersepeda,” tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pemprov DKI Siapkan 14 Rencana untuk Atasi Polusi Udara”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/07/26/11520291/pemprov-dki-siapkan-14-rencana-untuk-atasi-polusi-udara.
Penulis : Nursita Sari
Editor : Jessi Carina

Check Also

Pekerja akan memindahkan sejumlah tiang yang menghalangi jalur sepeda di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (01/08/2018). Jalur sepeda di sepanjang jalan ini terhalang beberapa tiang lampu penerangan jalan umum (PJU), tiang lampu lalu lintas, hingga tiang rambu penunjuk jalan.(KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI)

Perluasan Jalur Sepeda, Efektifkah untuk Mengurangi Polusi Udara?

KOMPAS.com – Bersepeda sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat DKI Jakarta. Ada yang menggunakannya …