Home / Kliping / Poktan Gang Hijau Tamara Duren Sawit Panen Sayur Mayur
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Poktan Gang Hijau Tamara Duren Sawit Panen Sayur Mayur

Kelompok Tani (Poktan) Gang Hijau Tamara, RW 11, Kelurahan Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur hari ini melakukan panen sayur mayur yang ditanam secara hidropinik di Jl Taman Malaka Utara IB, RT 02/011.

” Gang hijau ini merupakan proyek percontohan di tingkat kota,”

Adapun sayur mayur yang dipanen di antaranya, kangkung, bayam, dan pakcoy.

Kelompok tani yang yang didominasi kaum ibu lanjut usia (Lansia) tersebut merupakan salah satu binaan dari Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur.

Ketua Kelompok Tani Gang Hijau Tamara, Ely Rusnali (62) mengatakan, sayur mayur ini ditanam di bibir jalan jalan menggunakan pot dan pipa paralon sejak Oktober tahun lalu. Selain sayur mayur, ia dan rekan-rekannya juga menanam beberapa jenis tanaman obat keluarga (Toga).

“Sayur mayur yang dipanen hari ini ada 30 jenis ditambah beberapa jenis tanaman obat keluarga,” ujarnya, Jumat (26/7).

Dijelaskan Ely, biasanya selain untuk dikonsumsi oleh masyarakat sekitar, sayur mayur ini juga dijual. Sedangkan untuk tanaman obatnya, digunakan untuk kesehatan. Jadi, siapa saja bisa memetik dan memanfaatkan tanaman obat keluarga ini untuk kesehatannya.

 Kasatpel KPKP Kecamatan Duren Sawit, Siti Halimah mengatakan,sejak awal pihaknya selalu mendampingi kelompok tani Tamara mulai dari cara pembuatan hidroponik, bercocok tanam, hingga panen. Warga juga sangat antusias mendapatkan pembinaan program pertanian perkotaa
“Gang hijau ini merupakan proyek percontohan di tingkat kota. Nantinya kita akan ciptakan lagi gang hijau di wilayah lain sebagai usaha menciptakan lingkungan hijau yang asri dan bersih,” tandasnya.

Artikel ini telah tayang di beritajakarta.id dengan judul “Poktan Gang Hijau Tamara Duren Sawit Panen Sayur Mayur”, http://www.beritajakarta.id/read/70648/poktan-gang-hijau-tamara-duren-sawit-panen-sayur-mayur .
Reporter: Nurito

Editor: F. Ekodhanto Purba

Check Also

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/8/2019)(KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI)

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur, Anies: Kegiatan Ekonomi Akan Tetap di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa rencana pemindahan ibu kota dari …