Home / Kliping / Banyak Peminat, DKI Buka Lagi Pendaftaran Pembeli Rusunami DP Rp 0
Rusunami Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (29/7/2019).(DEAN PAHREVI/KOMPAS.com)
Rusunami Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (29/7/2019).(DEAN PAHREVI/KOMPAS.com)

Banyak Peminat, DKI Buka Lagi Pendaftaran Pembeli Rusunami DP Rp 0

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali membuka pendaftaran bagi warga yang ingin membeli rumah susun sederhana milik (rusunami) dengan uang muka atau down payment (DP) Rp 0. Pendaftaran akan dibuka mulai Rabu (7/8/2019) besok.

Kepala Unit Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera DKI Jakarta Dzikran Kurniawan mengatakan, pendaftaraan kembali dibuka karena banyaknya peminat yang ingin membeli rusunami DP Rp 0.

“Menanggapi minat masyarakat yang tinggi dan berdatangan ke lokasi (Rusunami Klapa Village), Pemprov DKI Jakarta akan membuka gelombang pendaftaran selanjutnya mulai Rabu, 7 Agustus 2019, di lokasi hunian Rusunami Klapa Village,” kata Dzikran melalui siaran pers, Selasa ini.

Dzikran menyampaikan, pendaftaran akan dibuka di Rusunami Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, pada 7-13 Agustus 2019.

Sementara mulai 14 Agustus dan seterusnya, pendaftaran akan dibuka di Kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman DKI Jakarta, Jatibaru, Jakarta Pusat.

“Peminat dapat mendaftar untuk hunian di lokasi program yang baru, serta dapat pula mendaftar untuk menjadi waiting list pada hunian Klapa Village bila nantinya masih terdapat unit yang tersedia,” kata Dzikran.

Formulir pendaftaran dapat diunduh melalui situs web samawa.jakarta.go.id.

Sementara itu, sebanyak 1.790 warga lolos seleksi administrasi untuk membeli Rusunami Klapa Village. Dari jumlah tersebut, 1.063 warga telah memilih unit hunian dan mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR) ke Bank DKI.

“Bank DKI juga telah memproses 1.063 formulir KPR yang dimasukkan oleh warga pemohon,” ucap Dzikran.

Selanjutnya, proses KPR mulai diurus Bank DKI dan dalam 2-3 pekan. Para pemohon yang aplikasi kreditnya disetujui akan dihubungi Bank DKI untuk memasuki proses akad kredit.

Setelah akad kredit selesai, kata Dzikran, dalam waktu beberapa minggu akan dilaksanakan proses serah terima kunci untuk menempati unit hunian.

Badan usaha milik Pemprov DKI, Perumda Pembangunan Sarana Jaya, diketahui akan membangun rusunami DP Rp 0 di Cilangkap dan Pulogebang, Jakarta Timur.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Banyak Peminat, DKI Buka Lagi Pendaftaran Pembeli Rusunami DP Rp 0”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/08/06/10413171/banyak-peminat-dki-buka-lagi-pendaftaran-pembeli-rusunami-dp-rp-0.
Penulis : Nursita Sari
Editor : Egidius Patnistik

Check Also

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/8/2019)(KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI)

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur, Anies: Kegiatan Ekonomi Akan Tetap di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa rencana pemindahan ibu kota dari …