Home / Kliping / Pemprov DKI Yakin Program Jak Lingko Bisa Perbaiki Kualitas Udara Jakarta
Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo (tengah) saat konferensi di Balairung, Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2019)(RYANA ARYADITA UMASUGI)
Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo (tengah) saat konferensi di Balairung, Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2019)(RYANA ARYADITA UMASUGI)

Pemprov DKI Yakin Program Jak Lingko Bisa Perbaiki Kualitas Udara Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menilai program Jak Lingko bisa berdampak besar terhadap perbaikan kualitas udara di DKI Jakarta.

Hal ini karena angkutan umum di Jakarta akan diremajakan lewat program Jak Lingko pada tahun 2020 nanti.

Sehingga angkutan-angkutan ini lebih baik dari segi kondisi dan lebih ramah terhadap lingkungan karena fisik yang lebih baik.

“Pertama bahwa seluruh sistem angkutaan umum di Jak Lingko itu terintegrasi dengan baik. Kenapa dikaitkan dengan upaya perbaikan kualitas udara menjadi baik? Karena masyarakat kita akan menerima layanan yang baik juga dari aspek ketersediaan angkutan umum kemudian akan terjadi shifting (pergantian atau peralihan) pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum,” ucap Syafrin di Balairung, Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2019).

Jika Jak Lingko mampu disediakan dan menjangkau seluruh wilayah, maka masyatakat juga lebih mudah berpindah dari angkutan pribadi ke angkutan umum.

Secara tak langsung kualitas udara pun akan membaik karena penggunaan kendaraan pribadi yang berkurang.

Tak hanya dari kualitas udara, pelayanan transportasi terhadap masyarakat semakin baik.

“Upaya kami untuk memperbaiki kualitas-kualitas udara tentunya tidak hanya dari upaya memperbaiki layanan angkutan umum dengan melakukan peremajaan. Di dalam Ingub pun masih ada beberapa tugas yang dibebankan ke Dinas Perhubungan untuk segera direalisasikan dalam waktu dekat,” jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan agar dilakukan peremajaan seluruh angkutan umum melalui program Jak Lingko pada tahun 2020.

Hal ini dituangkan dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang pengendalian kualitas udara, pada Kamis (1/8/2019).

“Menyelesaikan peremajaan seluruh angkutan umum melalui program Jak Lingko pada tahun 2020,” bunyi Ingub tersebut seperti dikutip Kompas.com, Kamis.

Anies meminta agar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta untuk mempercepat peremajaan 10.047 armada bus kecil, sedang, dan besar melalui integrasi ke dalam Jak Lingko pada tahun 2020.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pemprov DKI Yakin Program Jak Lingko Bisa Perbaiki Kualitas Udara Jakarta”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/08/06/20432731/pemprov-dki-yakin-program-jak-lingko-bisa-perbaiki-kualitas-udara-jakarta.
Penulis : Ryana Aryadita Umasugi
Editor : Jessi Carina

Check Also

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/8/2019)(KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI)

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur, Anies: Kegiatan Ekonomi Akan Tetap di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa rencana pemindahan ibu kota dari …