Home / Kegiatan / Audiensi WWF Asia Pasifik dan Indonesia
IMG_0661

Audiensi WWF Asia Pasifik dan Indonesia

Jakarta, 7 Agustus 2019. Organisasi World Wildlife Fung (WWF) Asia Pasifik dan Indonesia berkunjungan ke kantor Kedeputian Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (TRLH) dalam rangka pengenalan program berskala global bertajuk Plastic Smart Cities. Kunjugan tersebut diterima oleh Plh. Deputi Gubernur Bidang TRLH, dan turut dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Biro Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH), Asisten Deputi Gubernur Bidang Lingkungan Hidup, dan Sekretariat Jakarta Berketahanan

Program Plastic Smart Cities adalah program yang diinisiasi oleh WWF dengan tujuan untuk mengurangi timbulan sampah plastik berbagai kota di seluruh dunia. Program tersebut direncanakan untuk menjadi gerakan pengurangan timbulan sampah plastik sekaligus platform bagi berbagai kota untuk berbagi pengalaman dan praktik unggulan (best practices) dalam mengurangi timbulan sampah plastik. Program Plastic Smart Cities akan segera diluncurkan pada 23 Oktober 2019. Saat ini, WWF juga sedang melakukan pengenalan program ke beberapa kota lain di dunia untuk bergabung ke dalam gerakan dan platform yang sedang dibentuk dalam Program Plastic Smart Cities. Pada skala global, telah terdapat 3 (tiga) kota yang sepakat untuk bergabung dalam program Plastic Smart Cities, yaitu: (i) Amsterdam, Belanda; (ii) Oslo, Norwegia; dan (iii) Nice, Perancis.

WWF memandang keterlibatan negara-negara di Kawasan Asia Pasifik dalam program Plastic Smart Cities menjadi penting, mengingat bahwa kawasan Asia Pasifik saat ini telah menjadi konsumen plastik terbesar di dunia (250 Juta Ton plastik pada tahun 2015).

Di Indonesia, Pihak WWF telah bergerak bersama Kota Denpasar dalam inisiasi Program Plastic Smart Cities. Selain itu, Pihak WWF juga akan melibatkan beberapa kota lain, di antaranya adalah: (i) DKI Jakarta; (ii) Semarang; (iii) Makassar; (iv) Manado; dan (v) Labuan Bajo atau Kota Bogor.

Beberapa dukungan yang akan diberikan untuk kota-kota yang tergabung dalam Program Plastic Smart Cities, yaitu:

  1. Identifikasi dan penilaian kondisi persampahan (terutama sampah plastik) di kota;
  2. Perencanaan penanggulangan dan pengurangan sampah plastik;
  3. Fasilitasi diskusi lintas sektor dan pendekatan kolaboratif; dan
  4. Perumusan aksi prioritas untuk mengurangi dan mengelola sampah plastik.

 

Check Also

WhatsApp Image 2019-10-29 at 4.15.29 PM

Rapat Teknis Persiapan Penyelenggaraan Seminar “Toward a Resillient City with a Sustainable and Smart Approach”

Jakarta, 29 Oktober 2019. Kedutaan Besar Perancis pada tanggal 28 November 2019 bekerjasama dengan Pemprov DKI …