Home / Kliping / Permudah Warga Naik Transportasi Umum, DKI Pasang Peta Rute di 28 Halte
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memasang informasi soal rute transportasi umum di Halte Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).(NUR SITA SARI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memasang informasi soal rute transportasi umum di Halte Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).(NUR SITA SARI)

Permudah Warga Naik Transportasi Umum, DKI Pasang Peta Rute di 28 Halte

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Forum Diskusi Transportasi Jakarta (FDTJ) memasang informasi soal rute transportasi umum di 28 halte di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman sampai Jalan MH Thamrin.

Pemasangan informasi ini bertujuan untuk memudahkan warga menggunakan transportasi umum.

“Peta yang dipasang adalah peta yang mengintegrasikan semua moda transportasi umum. Peta ini bukan peta satu moda, tapi semua moda,” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Halte Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

Menurut Anies, peta yang dipasang di tiap halte akan berbeda. Sebab, peta yang dipasang di sebuah halte menunjukkan moda transportasi umum yang melintasi atau berhenti di halte tersebut.

“Signage ini secara berkala akan mengalami pembaharuan. Di tempat-tempat di mana ada rute tambahan, tanda-tandanya akan di-upgrade,” kata dia.

Anies menyebut peta rute ini nantinya akan dipasang di seluruh halte di Jakarta. Selain dipasang di halte, rute transportasi umum ini juga dicetak dalam bentuk booklet.

“Dengan cara ini, masyarakat nantinya punya informasi yang bisa handy dibawa mereka,” ucap Anies.

Peta rute transportasi umum yang dibuat Pemprov DKI menggunakan dua bahasa, yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Dengan demikian, wisatawan mancanegara juga bisa menggunakan peta rute tersebut sebagai panduan mereka berkeliling Jakarta dengan transportasi umum.

“Signage yang dipasang di sini adalah signage yang siap untuk memberi informasi bagi tamu-tamu Jakarta dari seluruh dunia,” tutur Anies.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Permudah Warga Naik Transportasi Umum, DKI Pasang Peta Rute di 28 Halte”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/08/13/22172191/permudah-warga-naik-transportasi-umum-dki-pasang-peta-rute-di-28-halte.
Penulis : Nursita Sari
Editor : Jessi Carina

Check Also

Kendaraan bermotor terjebak dalam kemacetan di Kawasan Slipi, Jakarta Pusat, Kamis (06/12/2012). Pemprov DKI Jakarta akan menerapkan konsep pembatasan kendaraan bermotor melalui metode pelat nomor genap-ganjil sebagai solusi mengatasi kemacetan di ibu kota. (BERITA KOTA/ANGGA BN)

Dari 3,5 Juta Mobil di Jakarta, Baru Sekitar 180.000 Kendaraan yang Lulus Uji Emisi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan, hingga Juli 2019, …