Home / Kliping / Disahkan, 4 Dinas di DKI Jakarta Akan Berubah Nama
Rapat paripurna rancangan peraturan daerah di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/8/2019)(KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI)
Rapat paripurna rancangan peraturan daerah di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/8/2019)(KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI)

Disahkan, 4 Dinas di DKI Jakarta Akan Berubah Nama

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta sepakat untuk mengubah nama beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Perubahan itu dituangkan dalam rancangan peraturan daerah (raperda) tentang perubahan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah. SKPD yang berubah salah satunya adalah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang dibagi menjadi dua dinas, yaitu Dinas Kebudayaan serta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Pembentukan baru perangkat daerah Dinas Kebudayaan dengan Tipe A agar dapat fokus mengembangkan unsur kebudayaan dan kearifan lokal,” ucap anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DKI Jakarta Sereida Tambunan dalam raperda di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Selain Disparbud, Dinas Kehutanan juga berganti nama menjadi Dinas Pertamanan dan Hutan Kota. Lalu Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah serta Perdagangan menjadi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah. “Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi menjadi Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi,” kata Sereida. Yang terakhir Badan Pajak dan Retribusi Daerah menjadi Badan Pendapatan Daerah. Adapun untuk transisi pengisian kepala SKPD dan unit kerja, serah terima personel, pendanaan, sarana dan prasarana, serta dokumen sebagai akibat perubahan dilakukan paling lambat 3 bulan sejak tahun anggaran 2019 berakhir.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Disahkan, 4 Dinas di DKI Jakarta Akan Berubah Nama”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/08/22/14505131/disahkan-4-dinas-di-dki-jakarta-akan-berubah-nama.
Penulis : Ryana Aryadita Umasugi
Editor : Irfan Maullana

Check Also

Pekerja akan memindahkan sejumlah tiang yang menghalangi jalur sepeda di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (01/08/2018). Jalur sepeda di sepanjang jalan ini terhalang beberapa tiang lampu penerangan jalan umum (PJU), tiang lampu lalu lintas, hingga tiang rambu penunjuk jalan.(KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI)

Perluasan Jalur Sepeda, Efektifkah untuk Mengurangi Polusi Udara?

KOMPAS.com – Bersepeda sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat DKI Jakarta. Ada yang menggunakannya …