Home / Kliping / Bulan Depan, Pemprov DKI Bangun Halte Hall of Fame Presiden untuk Destinasi Wisata
Desain halte Hall of Fame Presiden di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Foto diambil Selasa (27/8/2019).(KOMPAS.COM/NURSITA SARI)
Desain halte Hall of Fame Presiden di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Foto diambil Selasa (27/8/2019).(KOMPAS.COM/NURSITA SARI)

Bulan Depan, Pemprov DKI Bangun Halte Hall of Fame Presiden untuk Destinasi Wisata

JAKARTA, KOMPAS.com – Dinas Bina Marga DKI Jakarta akan membangun Halte Hall of Fame Presiden di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, mulai bulan depan. Halte itu akan dibangun tepat di seberang Gedung Mahkamah Agung. Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, halte itu nantinya tidak hanya berfungsi sebagai tempat menunggu bus, tetapi juga menjadi destinasi wisata. “Itu rencana mau bangun baru. Jadi nanti selain itu bus berhenti, ini menjadi destinasi wisata. Orang bisa lihat, ‘Oh presidennya ini, ini’,” ujar Hari di Taman Sepeda, Melawai, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019). Hari menjelaskan, halte itu nantinya akan menampilkan sosok presiden Republik Indonesia, dari Soekarno hingga Joko Widodo.

Desain halte itu akan dilengkapi dengan 3D wall motif batik warna emas. Halte tersebut juga akan dihiasi lampu warna-warni. “Nanti lampunya ada warna, nanti bisa selfie di sini (halte),” kata dia.

Selain Halte Hall of Fame Presiden, Dinas Bina Marga juga akan membangun Halte Kembang Goyang di Pasar Rebo, Jakarta Timur; Halte Museum Satria Mandala di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan; dan Halte ASEAN di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan.

Desain setiap halte itu akan berbeda. Halte Kembang Goyang misalnya, atap halte itu akan dibuat menyerupai kembang goyang yang merupakan kuliner khas Betawi. Kemudian, desain Halte ASEAN terinspirasi dari lambang ASEAN. “Kami meng-hire konsultan perorangan, kami bayar sesuai dengan keahlian dia. Kami tunjuk konsultan perorangan, lu punya background arsitek, pengalaman di mana-mana, lu bikin halte konsepnya kayak apa. Jadi deh,” ucap Hari.

Empat halte itu ditargetkan rampung pada akhir 2019 ini. Pembangunan empat halte menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DKI. Namun, Hari tidak hapal anggaran pembangunan empat halte itu. “(Anggarannya) bervariasi, puluhan juta sampai ratusan juta,” ucap Hari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Bulan Depan, Pemprov DKI Bangun Halte Hall of Fame Presiden untuk Destinasi Wisata”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/08/27/17244941/bulan-depan-pemprov-dki-bangun-halte-hall-of-fame-presiden-untuk.
Penulis : Nursita Sari
Editor : Irfan Maullana

Check Also

Permukiman padat di Bidaracina, di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (27/8/2015). Bidaracina merupakan kawasan yang akan digusur terkait proyek normalisasi dan sodetan Kali Ciliwung.(KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES)

Proyek Sodetan Ciliwung Dimulai, Ini Proses Ganti Rugi terhadap Warga Bidara Cina

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan …