Home / Kliping / Setelah Kekeringan Lebih dari 2 Bulan, Jakarta Akhirnya Hujan Deras
Ilustrasi hujan(kulkann)
Ilustrasi hujan(kulkann)

Setelah Kekeringan Lebih dari 2 Bulan, Jakarta Akhirnya Hujan Deras

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada Rabu (28/8/2019) petang, hujan deras tiba-tiba turun mengguyur beberapa wilayah di Jakarta. Hujan setidaknya tiga hari belakangan ini turun setelah Jakarta dilanda kekeringan selama dua bulan. Dua hari lalu hujan turun rintik di beberapa wilayah. Namun hari ini, hujan turun lebih deras. Pantauan Kompas.com, sejumlah wilayah yang dilaporkan turun hujan seperti di Palmerah, Puri Kembangan, Cengkareng, Jakarta Barat. Di kawasan Palmerah, hujan deras turun cukup lama sekitar 15 menit.

Hujan deras juga turun di wilayah Jalan Sudirman-Gatot Subroto dan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Hujan lebat dilaporkan pula terjadi di kawasan Cawang dan sekitar Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Koja, Jakarta Utara yang sedari kemarin tak hujan pun dilaporkan turun hujan hari ini. Sementara di luar Jakarta, kawasan Depok turun hujan deras kurang dari lima menit. Selain itu, hujan turun pula di Pamulang serta Serpong Utara, Tangerang Selatan

Datangnya air hujan dari langit ini disyukuri hampir warga Jakarta seperti yang terpantau di lini masa Twittter.
“Alhamdulillah Hujan di Jakarta Utara wilayah Koja. Baru kemarin gw nge-tweet pengen hujan , eh terkabul Yeay,” tulis akun Twitter, @si_umr

Ada pula netizen yang menyuarakan perasaan rindu akan ademnya Jakarta setelah selama ini terasa sangat panas dan kering. “Akhirnya jakarta hujan juga, akhirnya ngerasain pulang kantor hawanya adem ūüôā bisa nyenyak nih tidurnya,” tulis akun Twitter, @bigshittythings.

“Setelah beberapa bulan gak hujan selama musim kemarau, akhirnya Jakarta hujan juga. Dan deres,” ungkap @frithaat.

Dua bulan tak hujan Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada 20 Agustus 2019, hampir seluruh wilayah Jakarta masuk dalam kategori hari tanpa hujan sangat panjang dan kekeringan ekstrem.

Kategori sangat panjang berarti, sebuah wilayah mengalami hari tanpa hujan 30-60 hari. Wilayah yang sudah masuk kategori ini seperti Cengkareng, Halim, Angke Hulu, Karet PA,  Istana, Kembangan Utara, Manggarai, dan Pasar Minggu.

Sedangkan kategori kekeringan ekstrem berarti sebuah wilayah mengalami hari tanpa hujan lebih dari 60 hari. Beberapa wilayah yang sudah masuk kategori ini yakni Pesanggrahan, Pakubuwono, Ragunan Ciganjur, Krukut Hulu, Lebak Bulus, Kedoya Selatan, Pompa Cideng, dan Tomang Barat.

Perkiraan BMKG, Kamis (28/8/2019), cuaca di Jakarta akan tetap berawan dengan suhu rata-rata 24-34 derajat celcius. Akankah esok hujan kembali menyapa Jakarta?

Artikel ini telah tayang di¬†Kompas.com¬†dengan judul “Setelah Kekeringan Lebih dari 2 Bulan, Jakarta Akhirnya Hujan Deras”,¬†https://megapolitan.kompas.com/read/2019/08/28/20110541/setelah-kekeringan-lebih-dari-2-bulan-jakarta-akhirnya-hujan-deras?page=2.
Penulis : Sabrina Asril
Editor : Sabrina Asril

Check Also

Permukiman padat di Bidaracina, di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (27/8/2015). Bidaracina merupakan kawasan yang akan digusur terkait proyek normalisasi dan sodetan Kali Ciliwung.(KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES)

Proyek Sodetan Ciliwung Dimulai, Ini Proses Ganti Rugi terhadap Warga Bidara Cina

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan …