Home / Kliping / Anies Luncurkan Tiga Pilar Strategi Ketahanan Jakarta
Anies Baswedan (Arief/detikcom)
Anies Baswedan (Arief/detikcom)

Anies Luncurkan Tiga Pilar Strategi Ketahanan Jakarta

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan Strategi Ketahanan Kota Jakarta sebagai pegangan Pemprov DKI Jakarta. Ada tiga pilar utama yang diturunkan menjadi 32 strategi untuk mengatasi masalah Jakarta.

Pembentukan strategi itu disusun atas kerja sama antar-pemprov DKI dengan 100 Resilient Cities (100RC). Anies menyebut DKI Jakarta perlu pegangan untuk menghadapi segala macam ancaman.

“Tantangan ancaman terhadap kota, baik itu akibat dari alam maupun kejadian karena langkah-langkah yang dibagikan manusia, Jakarta harus siap. Kita membutuhkan strategi komprehensif, kompleks, dan mencakup seluruh aspek,” ucap Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (30/8/2019).

Tiga pilar utama, yang pertama Pilar Siap, yaitu kota yang mampu melakukan mitigasi dan beradaptasi dalam menghadapi bencana dan perubahan iklim. Kedua, Pilar Sehat, yaitu kota yang menjamin aksesibilitas pelayanan air bersih, air limbah, dan manajemen sampah berkelanjutan.

Ketiga, Pilar Terhubung, yaitu kota yang memprioritaskan konektivitas dan mobilitas setiap warga dengan penyediaan transportasi publik antarmoda yang terjangkau dan jejaring antarwarga melalui sistem komunikasi yang dapat diakses oleh seluruh warga.

Dari tiga pilar tersebut, diturunkan dengan 12 arahan dan 32 strategi. Selanjutnya, akan dikembangkan kembali agar ada keterkaitan antar satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

“Saat ini menjadi dokumen, kemudian langkah-langkahnya (akan) disusun secara detail untuk kerja bersama antar-SKPD,” ucap Anies.

Artikel ini telah tayang di news.detik.com dengan judul “Dishub DKI Susun Draf Pergub, Taksi Online Tetap Kena Ganjil Genap”, https://news.detik.com/berita/d-4687294/anies-luncurkan-tiga-pilar-strategi-ketahanan-jakarta

 

Check Also

Pekerja akan memindahkan sejumlah tiang yang menghalangi jalur sepeda di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (01/08/2018). Jalur sepeda di sepanjang jalan ini terhalang beberapa tiang lampu penerangan jalan umum (PJU), tiang lampu lalu lintas, hingga tiang rambu penunjuk jalan.(KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI)

Perluasan Jalur Sepeda, Efektifkah untuk Mengurangi Polusi Udara?

KOMPAS.com – Bersepeda sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat DKI Jakarta. Ada yang menggunakannya …