Home / Kegiatan / Menghadiri Rapat Teknis Penyelenggaraan ISOCARP World Planning Congress
IMG_0919

Menghadiri Rapat Teknis Penyelenggaraan ISOCARP World Planning Congress

Jakarta, 2 September 2019. ISOCARP World Planning Congress (Kongres Perencanaan Dunia) merupakan ajang tahunan berbentuk seminaris yang diselenggarakan oleh organisasi ISOCARP (The International Society of City and Regional Planners/Perhimpunan Internasional Perencana Wilayah dan Kota) yang berfungsi sebagai wadah berbagi informasi, pengalaman, dan berjejaring antar berbagai profesi yang berkaitan dengan bidang perencanaan, perkotaan, dan kewilayahan.

Kongres ISOCARP yang akan diselenggarakan di Jakarta-Bogor mulai tanggal 9-13 September 2019  tersebut adalah kongres ke 55  yang mengusung tema “Beyond The Metropolis”. Kongres tersebut merupakan hasil kerjasama antara ISOCARP dengan Ikatan Ahli Perencana (IAP) Indonesia.

Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (TRLH), Oswar Mungkasa, diundang sebagai dewan pengarah IAP Indonesia sekaligus sebagai perwakilan Pemprov DKI Jakarta dalam rapat teknis penyelenggaraan kongres ISOCARP. Dalam rapat yang dihadiri oleh berbagai perwakilan institusi/lembaga tersebut (Bappenas, Kementerian Pariwisata, Kementerian PUPR, Pemda Kota Bogor, Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia), Deputi TRLH menyampaikan harapan agar kongres ISOCARP tidak hanya menjadi wadah berbagi pengetahuan, namun juga dapat menjadi inkubator yang mempertemukan profesional di bidang perkotaan dengan pemerintah (Business to Government/B2G) maupun antarprofesional (Business to Business/B2B). Sejalan dengan hal tersebut, diusulkan adanya ruangan khusus dimana asosiasi-asosiasi perencana dapat memperkenalkan dan menawarkan jasa mereka.

Dalam rapat teknis tersebut disampaikan beberapa pembicara utama yang telah dikonfirmasi akan hadir mengisi acara baik dari dalam maupun luar negeri, antara lain: (i) Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas (Bambang Brodjonegoro); (ii) Menteri Agraria dan Tata Ruang (Sofjan Djalil); (iv) Gubernur Provinsi DKI Jakarta (Anies Baswedan); (v) Gubernur Provinsi Jawa Barat (Ridwan Kamil); (vi) Walikota Kota Bogor (Bima Arya Sugiarto); dan (vii) Associate Director for Integrated City Planning at Arup (Matt Lally).

Pendaftaran dan informasi lebih lanjut mengenai ISOCARP World Planning Congress dapat diakses pada tautan berikut:

https://isocarp2019.isocarp.org/en 

 

 

 

Check Also

WhatsApp Image 2019-09-18 at 3.51.02 PM

Wawancara Mahasiswa Universitas Tarumanegara (UNTAR)

Jakarta, 17 September 2019. Mahasiswa Magister dari UNTAR, Ivan Billy Zaini, berkunjung ke kantor Kedeputian Gubernur …