Home / Kliping / 66 Meter Kubik Sampah Diangkut dari Kampung Bengek 
Suasana aktivitas di Kampung Bengek, Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (29/8/2019). Timbunan sampah plastik telah memadati kawasan ini sejak lama karena kurangnya perhatian dari pemerintah setempat.(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Suasana aktivitas di Kampung Bengek, Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (29/8/2019). Timbunan sampah plastik telah memadati kawasan ini sejak lama karena kurangnya perhatian dari pemerintah setempat.(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

66 Meter Kubik Sampah Diangkut dari Kampung Bengek 

JAKARTA, KOMPAS.com – Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Utara mengangkut puluhan meter kubik sampah di Kampung Bengek, Muara Baru Penjaringan, Jakarta Utara. Kepala Suku Dinas LH Jakarta Utara Slamet Riyadi mengatakan, giat pembersihan sampah di Kampung Bengek sudah berlangsung sejak Sabtu (30/8/2019) lalu. Ia mengatakan, total sudah 66 meter kubik sampah yang diangkut oleh Sudin LH setelah dua hari pembersihan. “Hari Sabtu, 36 meter kubik, hari Minggu 30 meter kubik,” kata Slamet di Kampung Bengek, Senin (2/9/2019). Seratus petugas gabungan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Penjaringan dan Petugas UPK Badan Air dikerahkan untuk membersihkan 1 hektar sampah yang tersebar di sana.

Slamet mengatakan, puluhan kubik sampah itu berasal dari sampah harian warga Kampung Bengek yang bermukim di tanah milik PT Pelindo II tersebut. “Ini juga mungkin sampah dari aktivitas warga, bisa lihat sendiri di sini ada beberapa lapak pemulung, itu adalah sisa dari para pemulung dari lapaknya sehingga yang bisa dijual mereka jual, lalu sisanya mereka tumpuk saja,” ujar Slamet Dengan ratusan petugas yang membersihkan Kampung Bengek, ia menargetkan kampung itu akan bersih hingga tiga hari kedepan. Seluruh sampah yang ada di sana akan dibawa langsung oleh petugas menuju TPST Bantargebang.

Berdasarkan pantaun Kompas.com hampir separuh dari sampah di Kampung Bengek sudah dibersihkan petugas. Namun, sampah masih banyak berserakan di lahan yang berbatasan langsung dengan rumah warga RT12/RW17 tersebut. Genangan air berwarna hijau pekat pun tampak mengalir dari arah pemukiman warga

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “66 Meter Kubik Sampah Diangkut dari Kampung Bengek”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/09/02/17160421/66-meter-kubik-sampah-diangkut-dari-kampung-bengek.
Penulis : Jimmy Ramadhan Azhari
Editor : Irfan Maullana

Check Also

Permukiman padat di Bidaracina, di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (27/8/2015). Bidaracina merupakan kawasan yang akan digusur terkait proyek normalisasi dan sodetan Kali Ciliwung.(KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES)

Proyek Sodetan Ciliwung Dimulai, Ini Proses Ganti Rugi terhadap Warga Bidara Cina

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan …