Home / Kliping / Menengok Rusunami DP Rp 0 Pondok Kelapa yang Siap Huni 
Rusunami DP Rp 0 Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (2/9/2019).(KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI)
Rusunami DP Rp 0 Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (2/9/2019).(KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI)

Menengok Rusunami DP Rp 0 Pondok Kelapa yang Siap Huni 

JAKARTA, KOMPAS.com – Rumah susun sederhana milik ( rusunami) dengan down payment (DP) Rp 0 di Pondok Kelapa, Jakarta Timur sudah dapat dihuni. Kepala Unit Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera DKI Jakarta Dzikran Kurniawan mengatakan, sejak serah terima kunci unit rusunami pada Sabtu (31/8/2019) kepada penghuni, sudah ada 50 penghuni yang telah akad kredit dan bisa menghuni langsung rusunami. “Per Sabtu, per Jumat itu ada 50 orang yang sudah akad. 50 orang itu sudah dapat kuncinya, tunggu mereka mau pindah kapan itu kembali ke mereka. Enggak boleh lama-lama juga,” ujar Dzikran saat dihubungi Kompas.com, Senin (2/9/2019). Kompas.com berkesempatan untuk mengelilingi area rusunami tersebut. Di bagian luar, tampak bangunan rusun sudah bagus dan rapi dengan balutan cat putih dan coklat.

Lahan parkir untuk mobil pun sudah rapi dengan aspal hitam yang dicat putih sebagai marka pembatas parkir. Sejumlah tanaman nan hijau juga tertanam di sekitar area rusunami. Di bagian lobby utama rusun juga sudah nampak tertata dan tak ada aktifitas pembangunan lagi. Di halaman rusun terdapat tiang dengan benda merah putih yang berkibar. Di bagian samping dekat halaman rusunami terdapat parkir mobil khusus penumpang disabilitas. Trek jalan untuk disabilitas juga tersedia untuk akses masuk rusunami.

Selain itu, di halaman rusun juga ada taman bermain anak lengkap dengan perosotan dan ayunan. Di dekat taman bermain terdapat bangunan yang akan digunakan untuk sekolah.

Parki mobil khusus penumpang disabilitas di Rusunami DP Rp 0 Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (2/9/2019).(KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI)
Parki mobil khusus penumpang disabilitas di Rusunami DP Rp 0 Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (2/9/2019).(KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI)

 

Taman bermain anak di Rusunami DP Rp 0 Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (2/9/2019).(KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI)
Taman bermain anak di Rusunami DP Rp 0 Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (2/9/2019).(KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI)

“Katanya buat sekolah enggak tahu PAUD atau TK saya enggak ngerti teknisnya,” kata Wahyu salah seorang petugas PD Sarana Jaya di lokasi. Rusunami juga mushola untuk ibadah umat muslim. Di dalam mushola sudah lengkap dengan pengeras suara, karpet, dan pendingin ruangan. Di samping mushola, terdapat balai warga yang akan menjadi tempat berkumpul penghuni rusunami. Kompas.com juga menengok suasana bagian dalam rusunami di lantai dua. Di lorong rusunami tersebut nampak sepi tak ada aktifitas penghuni. Balutan warna putih mewarnai tembok lorong rusun.

Kompas.com juga menengok suasana bagian dalam rusunami di lantai dua. Di lorong rusunami tersebut nampak sepi tak ada aktifitas penghuni. Balutan warna putih mewarnai tembok lorong rusun.


Kemudian pada unit rusunami yang akan dihuni warga, Kompas.com melihat unit dengan tipe dua kamar tidur. Meski kosong, unit rusunami itu nampak tempat cuci piring dan di bagian kamar mandi dilengkapi shower serta kloset duduk.

Kamar mandi pada rusun di Rusunami Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (29/7/2019).(DEAN PAHREVI/KOMPAS.com)
Kamar mandi pada rusun di Rusunami Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (29/7/2019).(DEAN PAHREVI/KOMPAS.com)

“Rusun juga ada semi basement di bawah buat parkir mobil juga nanti di sana ada warung-warung atau semacam kantin lah,” ujar Wahyu. Adapun Rusunami DP Rp 0 di Pondok Kelapa dibangun oleh badan usaha Pemprov DKI Jakarta, Perumda Pembangunan Sarana Jaya. Ada 780 unit yang siap dihuni di tower yang diberi nama Samawa (Solusi Rumah Warga) itu. Serah terima kunci pertama kali dilakukan pada Sabtu pekan lalu oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Menengok Rusunami DP Rp 0 Pondok Kelapa yang Siap Huni”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/09/02/18101191/menengok-rusunami-dp-rp-0-pondok-kelapa-yang-siap-huni?page=2.
Penulis : Dean Pahrevi
Editor : Irfan Maullana

Check Also

Permukiman padat di Bidaracina, di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (27/8/2015). Bidaracina merupakan kawasan yang akan digusur terkait proyek normalisasi dan sodetan Kali Ciliwung.(KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES)

Proyek Sodetan Ciliwung Dimulai, Ini Proses Ganti Rugi terhadap Warga Bidara Cina

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan …