Home / Kliping / Unit Rusunami DP Rp 0 di Pondok Kelapa Belum Seluruhnya Dihuni
Rusunami Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (29/7/2019).(DEAN PAHREVI/KOMPAS.com)
Rusunami Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (29/7/2019).(DEAN PAHREVI/KOMPAS.com)

Unit Rusunami DP Rp 0 di Pondok Kelapa Belum Seluruhnya Dihuni

JAKARTA, KOMPAS.com – Unit hunian di rumah susun sederhana milik (rusunami) dengan uang muka atau down payment (DP) Rp 0 di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, belum seluruhnya dihuni. Kepala Unit Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera DKI Jakarta Dzikran Kurniawan mengatakan, per Sabtu (31/8/2019), ada 50 orang calon penghuni yang menerima kunci unit dan sudah bisa menempati hunian tersebut. “Yang serah terima kunci hari Sabtu itu ada 50 orang. Hari ini mungkin udah nambah, saya belum update lagi,” ujar Dzikran saat dihubungi, Senin (2/9/2019)

Dzikran menyampaikan, calon penghuni yang berhak menerima kunci unit adalah yang telah melakukan akad kredit dengan Bank DKI. Pada Sabtu pekan lalu, ada 50 orang lagi yang diundang untuk akad kredit. Jumlah calon penghuni yang melakukan akad kredit kemungkinan sudah bertambah lagi per hari ini. “Kalau sudah akad, atas dasar akad itu, Bank DKI menginformasikan ke Sarana Jaya. Sarana Jaya kemudian kontak orangnya, kapan bisa datang untuk tanda tangan berita acara serah terima unit,” kata Dzikran.

Setelah akad, lanjut Dzikran, calon penghuni juga belum tentu langsung menempati unit hunian di rusunami tersebut. Sebab, penghunian rusunami tersebut tergantung pada keinginan calon penghuni. “Intinya sudah mulai penghunian, masalah orang datangnya kapan, dari 50 orang itu yang sudah terima kuncinya, mau hari ini pindah, mau besok, kembali ke mereka,” ucapnya.

Rusunami DP Rp 0 di Pondok Kelapa dibangun oleh badan usaha Pemprov DKI Jakarta, Perumda Pembangunan Sarana Jaya. Ada 780 unit yang siap dihuni di tower yang diberi nama Samawa (Solusi Rumah Warga) itu. Serah terima kunci pertama kali dilakukan pada Sabtu pekan lalu oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Unit Rusunami DP Rp 0 di Pondok Kelapa Belum Seluruhnya Dihuni”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/09/02/14121151/unit-rusunami-dp-rp-0-di-pondok-kelapa-belum-seluruhnya-dihuni.
Penulis : Nursita Sari
Editor : Sandro Gatra

Check Also

Permukiman padat di Bidaracina, di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (27/8/2015). Bidaracina merupakan kawasan yang akan digusur terkait proyek normalisasi dan sodetan Kali Ciliwung.(KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES)

Proyek Sodetan Ciliwung Dimulai, Ini Proses Ganti Rugi terhadap Warga Bidara Cina

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan …