Home / Kliping / Dinas LH Optimalkan Kebersihan Badan Air
(Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)
(Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas LH Optimalkan Kebersihan Badan Air

Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta memastikan kesiapsiagaan personel dan armada dalam menjaga kebersihan badan air menghadapi musim penghujan.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Andono Warih mengatakan, walaupun diperkirakan Ibukota memasuki musim hujan pada Oktober. Namun demikian, pihaknya tetap memastikan penanganan sampah sebagai antisipasi musim penghujan.

“Kita memastikan kesiapan personel, alat pelindung diri, dan armada untuk mendukung optimalisasi kebersihan badan air,” ujarnya, saat memimpin apel sekitar 500 petugas Unit Pengelola Kebersihan (UPK) Badan Air, Jumat (6/9).

Andono juga menginstruksikan, kepada UPK Badan Air untuk mengantisipasi agar tidak ada sampah yang menyumbat kali, saluran penghubung, dan pintu-pintu air sebelum memasuki musim penghujan.

“Saya minta dipastikan betul agar air bisa mengalir dengan lancar, tidak terganggu sumbatan sampah,” terangnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Yusiono A Supalal menuturkan, petugas akan disiagakan 24 jam di lokasi rawan tumpukan sampah saat banjir untuk memantau perkembangan situasi.

“Lokasi rawan itu di antaranya, Pintu Air Manggarai, Jembatan Kampung Melayu, dan Jembatan Season City,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPK Badan Air Dinas LH DKI Jakarta, Yayat Supriatna menambahkan, sarana yang disiagakan terdiri dari 44 pikap angkut sampah, 50 truk sampah, lima eskavator jenis spider, enam eksavator long arm, 20 eskavator jenis biasa, serta satu eskavator liebher dengan 23 petugas mobilisasi dan 12 petugas mekanik.

“Kami juga mengerahkan empat ribu personel yang terlibat dalam satgas penanganan sampah di musim penghujan,” tandasnya.

Artikel ini telah tayang di beritajakarta.id dengan judul “Dinas LH Optimalkan Kebersihan Badan Air”, http://www.beritajakarta.id/read/71897/dinas-lh-optimalkan-kebersihan-badan-air#.XXUtdS2B0Wo
Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing
Editor : Toni Riyanto

Check Also

Permukiman padat di Bidaracina, di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (27/8/2015). Bidaracina merupakan kawasan yang akan digusur terkait proyek normalisasi dan sodetan Kali Ciliwung.(KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES)

Proyek Sodetan Ciliwung Dimulai, Ini Proses Ganti Rugi terhadap Warga Bidara Cina

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan …