Home / Kliping / Perluasan Ganjil Genap Berlaku Besok, Transjakarta Siapkan 48 Rute Bus di Area Terdampak
Rambu larangan di kawasan pemberlakuan sistem ganjil genap di Jakarta Timur, Senin (12/8/2019).(DEAN PAHREVI/KOMPAS.com)
Rambu larangan di kawasan pemberlakuan sistem ganjil genap di Jakarta Timur, Senin (12/8/2019).(DEAN PAHREVI/KOMPAS.com)

Perluasan Ganjil Genap Berlaku Besok, Transjakarta Siapkan 48 Rute Bus di Area Terdampak

JAKARTA, KOMPAS.com – PT TransJakarta menyiapkan 48 rute bagi warga yang terkena imbas perluasan ganjil genap yang berlaku mulai Senin (9/9/2019) besok. Direktur Operasional PT TransJakarta Prasetia Budi mengatakan rute-rute tersebut disiapkan untuk mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar warga beralih menggunakan kendaraan Umum. “Kami sudah menyiapkan total 48 rute yaitu 21 Rute BRT, 23 rute Non BRT dan 4 rute tambahan Mikrotrans di setiap segmen wilayah yang terimbas ganjil genap”, kata Budi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (8/9/2019). Selain penambahan rute, PT Transjakarta juga akan menambah unit bus di rute-rute yang sudah ada untuk mengakomodasi warga yang terkena imbas perluasan ganjil genap.

Pihaknya juga akan menyosialisasikan lokasi-lokasi park and ride yang ada di dekat halte-halte Transjakarta. Perluasan di berbagai halte yang sedang mereka lakukan, kata Budi, juga merupakan salah satu bentuk dukungan PT Transjakarta dalam perluasan ganjil genap. Ia berharap berbagai langkah yang diambil Transjakarta terkait perluasan kebijakan ganjil genap ini dapat membuat warga beralih ke transportasi publik. “Mudah-mudahan kebijakan ini dapat membawa masyarakat untuk naik transportasi publik”, tutur Budi.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, perluasan aturan ganjil genap akan diberlakukan mulai Senin (9/9/2019) besok. “Implementasi perluasan ganjil genap nantinya akan dimulai tanggal 9 September 2019,” kata Syafrin, Jumat (6/9/2019). Pemberlakuan perluasan ganjil genap ini menyusul dengan ditandatanganinya Pergub Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Perluasan aturan ganjil genap diberlakukan di 25 ruas jalan, yakni sembilan ruas jalan yang sebelumnya sudah diberlakukan ganjil genap dan 16 tambahan ruas jalan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Perluasan Ganjil Genap Berlaku Besok, Transjakarta Siapkan 48 Rute Bus di Area Terdampak”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/09/08/17324221/perluasan-ganjil-genap-berlaku-besok-transjakarta-siapkan-48-rute-bus-di.
Penulis : Jimmy Ramadhan Azhari
Editor : Jessi Carina

Check Also

Permukiman padat di Bidaracina, di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (27/8/2015). Bidaracina merupakan kawasan yang akan digusur terkait proyek normalisasi dan sodetan Kali Ciliwung.(KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES)

Proyek Sodetan Ciliwung Dimulai, Ini Proses Ganti Rugi terhadap Warga Bidara Cina

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan …