Home / Kliping / Waduk Cimanggis Sempat Mangkrak karena Masalah Pembebasan Lahan
Lokasi Proyek Waduk Cimanggis, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (17/9/2019).(KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI)
Lokasi Proyek Waduk Cimanggis, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (17/9/2019).(KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI)

Waduk Cimanggis Sempat Mangkrak karena Masalah Pembebasan Lahan

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembangunan Waduk Cimanggis di Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, sudah bergulir sejak 2016. Namun, hingga saat ini pembangunan tak kunjung selesai karena terkendala pembebasan lahan. Ketua RW 014 Kelurahan Cibubur, Sunarjo mengatakan, terdapat 15 kepala keluarga (KK) yang sempat tidak bersedia lahannya dibebaskan. Hal itu membuat pembangunan waduk mangkrak. “Kalau dari catatan saya ada sekitar 15 kepala keluarga di RW saya yang sebagiannya ahli waris menolak pembebasan tanah untuk proyek waduk,” kata Sunarjo di kediamannya di Jambore, Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (17/9/2019).

Dia menambahkan, seiring berjalannya waktu, negosiasi warga dengan pemerintah akhirnya mencapai kata sepakat. Warga yang sebelumnya menolak sudah setuju lahannya dibebaskan dengan menerima kompensasi dari pemerintah. Berdasarkan papan informasi di area proyek, proyek waduk itu dikerjakan PT Tassiajaya Abadi dan PT Cakra Gatra Utama sejak 5 Agustus 2019. “Masalahnya pembebasan tanah itu, prosesnya sudah lama sampai akhirnya mereka mau menyerahkan lahannya untuk waduk,” ujar Sunarjo. Kini warga menyambut baik kelanjutan pembangunan waduk. Diharapkan proyek waduk cepat selesai sebelum musim hujan sehingga bisa mengatasi permasalahan banjir di Cibubur.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Waduk Cimanggis Sempat Mangkrak karena Masalah Pembebasan Lahan”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/09/17/21451721/waduk-cimanggis-sempat-mangkrak-karena-masalah-pembebasan-lahan.
Penulis : Dean Pahrevi
Editor : Egidius Patnistik

Check Also

Jalur 10 di Stasiun Manggarai ditutup sejak 23 Januari 2019. Hal itu dilakukan guna mempercepat revitalisasi Stasiun Manggarai. Jalur 10 yang biasa ditempati oleh KRL jurusan Jakarta-Depok/Bekasi akan dialihkan ke jalur 8, 5, dan 4. Meski penutupan telah berlansung selama tiga hari, tidak tampak adanya penumpukan penumpang di Stasiun Manggarai. Sejumlah penunjuk arah dipasang begitu juga dengan petugas stasiun yang mengarahkan para penumpang, Sabtu (26/1/2019).(KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA)

Pemindahan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir ke Manggarai, Wujudkan Konsep Lama…

JAKARTA, KOMPAS.com – Stasiun Gambir, Jakarta Pusat tak lagi melayani angkutan Kereta Api (KA) jarak …