Home / Kliping / Hibah Fasilitas Park and Ride Bekasi dari DKI Akan Dibangun Dekat Alun-alun
Ilustrasi parkiran mobil
Ilustrasi parkiran mobil

Hibah Fasilitas Park and Ride Bekasi dari DKI Akan Dibangun Dekat Alun-alun

BEKASI, KOMPAS.com – Fasilitas park and ride di Kota Bekasi hasil program kemitraan dengan DKI Jakarta rencananya mulai digarap 2020. Nantinya, fasilitas ini akan berupa gedung parkir. Letaknya ada di antara Kantor PMI dengan Alun-alun Kota Bekasi. “Kalau lokasi yang diajukan ada tiga, tapi untuk 2020 satu dulu yang di (dekat) PMI. Yang kedua di dekat GOR Bekasi, ketiga di dekat Stasiun Bekasi Timur itu. Yang direalisasikan yang 2020 itu yang di PMI,” jelas Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Deded Kusmayadi melalui sambungan telepon, Kamis (19/9/2019).

Lokasi tersebut diklaim strategis sebagai titik transfer penumpang antarmoda transportasi. “Di situ kan dekat dengan stasiun ya, kemudian dekat juga dengan LRT, karena di situ  ada feedernya kan, ada bus Transpatriot kita yang lewat situ. Jadi maksudnya ke sana,” Deded menjelaskan. Dia menyebut, dana bantuan dari Pemprov DKI Jakarta pada 2020 nanti memang hanya memungkinkan dibangunnya satu park and ride terlebih dulu. “Dananya itu sekitar Rp 70 miliar bantuan dari DKI,” ujar dia.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberi bantuan keuangan kepada Pemerintah Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi untuk membangun park and ride di dua daerah tersebut tahun 2020. Tujuan kebijakan itu untuk mengurangi jumlah kendaraan yang masuk ke Jakarta sehingga kemacetan di Jakarta berkurang.

“Itu kan untuk mengurangi kemacetan Jakarta juga. Jadi diharapkan orang-orang itu menitipkan kendaraannya di park and ride, kemudian mereka naik KRL (kereta rel listrik),” kata Kepala Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta Premi Lasari di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (13/9/2019).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Hibah Fasilitas Park and Ride Bekasi dari DKI Akan Dibangun Dekat Alun-alun”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/09/19/18181931/hibah-fasilitas-park-and-ride-bekasi-dari-dki-akan-dibangun-dekat-alun.
Penulis : Vitorio Mantalean
Editor : Sandro Gatra

Check Also

Jalur 10 di Stasiun Manggarai ditutup sejak 23 Januari 2019. Hal itu dilakukan guna mempercepat revitalisasi Stasiun Manggarai. Jalur 10 yang biasa ditempati oleh KRL jurusan Jakarta-Depok/Bekasi akan dialihkan ke jalur 8, 5, dan 4. Meski penutupan telah berlansung selama tiga hari, tidak tampak adanya penumpukan penumpang di Stasiun Manggarai. Sejumlah penunjuk arah dipasang begitu juga dengan petugas stasiun yang mengarahkan para penumpang, Sabtu (26/1/2019).(KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA)

Pemindahan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir ke Manggarai, Wujudkan Konsep Lama…

JAKARTA, KOMPAS.com – Stasiun Gambir, Jakarta Pusat tak lagi melayani angkutan Kereta Api (KA) jarak …