Home / Kegiatan / Menerima Kunjungan Mahasiswa Doktoral Queensland University of Technology (QUT)
QUT

Menerima Kunjungan Mahasiswa Doktoral Queensland University of Technology (QUT)

Jakarta, 23 September 2019. Kedeputian Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup menerima permohonan wawancara dari Mahasiswa Doktoral Queensland University of Technology (QUT), Darmawan Atmoko. Disampaikan oleh Darmawan bahwa tujuan tesis adalah untuk mencari cara meningkatkan efisiensi penggunaan energi di gedung-gedung pemerintah di negara berkembang dengan iklim tropis. Berdasarkan hal tersebut, kunjungan ke kantor kedeputian dilakukan untuk mengidentifikasi praktik pengelolaan gedung pemerintah di DKI Jakarta.

Deputi TRLH menyampaikan salah satu faktor yang menjadi pertimbangan dalam pembangunan dan pemeliharaan gedung hijau di Indonesia secara umum adalah biaya yang mahal. Upaya untuk melakukan renovasi (retrofitting) gedung lama menjadi gedung dengan standar hijau membutuhkan biaya terkadang lebih mahal daripada membangun gedung baru. Selain itu, dijelaskan juga bahwa pengelolaan bangunan hijau sangat bergantung pada perilaku penghuninya. Namun saat ini, sistem pengelolaan gedung, terutama milik pemerintah, belum mendukung perubahan perilaku pengelola dan penghuninya. Dalam pemerintahan, bangunan gedung dikelola secara swadaya dan menggunakan APBD sebagai sumber anggarannya. Setiap tahunnya, dilakukan evaluasi kinerja penyerapan anggaran, dan untuk mendapatkan kinerja yang baik maka anggaran pemeliharaan gedung perlu diserap sesuai dengan alokasi yang ditetapkan. Sistem pengelolaan tersebut pada akhirnya tidak mendukung perilaku hemat energi.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi sistem pengelolaan bangunan yang kurang efisien tersebut antara lain dengan: (i) menggunakan pihak ketiga/swasta sebagai pengelola gedung; dan (ii) penetapan insentif/disinsentif yang memiliki efek langsung terhadap penghuni. Penggunaan teknologi hijau juga dapat menjadi alternatif solusi, namun demikian perlu diingat bahwa fungsi teknologi adalah sebagai instrumen yang memudahkan aktivitas manusia. Untuk negara berkembang, perubahan perilaku menjadi hal utama yang perlu didukung.

Check Also

EBT (2)

acara The Opening Ceremony Of The 8th Indonesia EBTKE Conex 2019

Jakarta, 6 November 2019. Sebagai tindak lanjut dari disposisi Gubernur DKI Jakarta, Asisten Deputi Gubernur …