Home / Kegiatan / Menghadiri Kegiatan World Clean Up Day Jakarta
Cleanup2

Menghadiri Kegiatan World Clean Up Day Jakarta

Jakarta, 21 September 2019. Kegiatan World Clean Up Day (WCUD) atau Hari Bersih-Bersih Dunia merupakan aksi bersama untuk membersihkan sampah di lingkungan sekitar yang diselenggarakan secara serentak di 157 negara. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Di Indonesia, kegiatan WCUD telah dilakukan sejak tahun 2018 dengan total relawan mencapai 7,6 juta orang. Tahun ini, WCUD menargetkan 13 juta orang dari seluruh Indonesia untuk bergabung menjadi relawan. Angka tersebut merupakan salah satu yang tertinggi di dunia.

Kegiatan WCUD di DKI Jakarta diprakarsai oleh Perkumpulan Lions Indonesia dan dilakukan di 5 wilayah kota administrasi yang salah satunya adalah di Taman Wisata Alam, Angke Kapuk Jakarta Utara. Dalam rangka mendukung kegiatan tersebut, Pemprov DKI Jakarta turut hadir berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (TRLH) hadir mewakili Gubernur, bersama dengan 700 relawan lainnya yang terdiri dari unsur Pemprov DKI Jakarta (Dinas Lingkungan Hidup/DLH, Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum/PPSU, dan Penyedia Jasa Lainnya Perorangan/PJLP), pelaku industri (PT. Chandra Asri Petrochemical, PT. Unilever), penduduk sekitar, serta masyarakat umum yang telah mendaftar secara daring (online). Kegiatan tersebut berlangsung selama dua jam (pukul 8.00-00 WIB), dan berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 675.7 kg.

WCUD dinilai bermanfaat dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Namun demikian, dibutuhkan kegiatan lanjutan untuk mengarustamakan kebersihan lingkungan. Atas dasar tersebut, PT. Unilever, PT. Chandra Asri Petrochemical, dan Perkumpulan Lions Indonesia tertarik untuk berkunjung ke kantor Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (TRLH) untuk membahas potensi kerjasama pengarustamaan kebersihan lingkungan.

 

Check Also

EBT (2)

acara The Opening Ceremony Of The 8th Indonesia EBTKE Conex 2019

Jakarta, 6 November 2019. Sebagai tindak lanjut dari disposisi Gubernur DKI Jakarta, Asisten Deputi Gubernur …