Home / Kliping / Sudin SDA Kepulauan Seribu Bangun Tanggul Cegah Abrasi
Pembangunan tanggul pengaman arus di Pulau Karya, Kepulauan Seribu Utara oleh Sudin SDA Kepulauan Seribu.(Dok. Kominfotik Kep. Seribu)
Pembangunan tanggul pengaman arus di Pulau Karya, Kepulauan Seribu Utara oleh Sudin SDA Kepulauan Seribu.(Dok. Kominfotik Kep. Seribu)

Sudin SDA Kepulauan Seribu Bangun Tanggul Cegah Abrasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Suku Dinas Sumber Daya Air membangun tanggul pengaman arus di Pulau Karya, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara Kepala Suku Dinas Kepala Suku Dinas SDA Kepulauan Seribu Mustajab mengatakan, tanggul laut itu akan berfungsi untuk mencegah abrasi di bibir pantai. “Tujuannya untuk pengamanan abrasi,” kata Mustajab dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/10/2019). Selain itu, kata dia, tanggul laut juga bisa digunakan sebagai tempat bersandarnya kapal yang singgah di sana.

Lanjut Mustajab, pembangunan tanggul pengaman arus ini menggunakan kubus masif. Total ada 800 kubus masif yang digunakan untuk membangun tanggul pengaman arus. “Panjang tanggul 50 meter, dengan menggunakan kubus masif sebanyak 800 buah,” ujarnya. Pembangunan tanggul laut ini sudah berlangsung dari pekan lalu dan ditargetkan selesai sebulan setelahnya. Sebanyak 11 PJLP dikerahkan dalam pembangunan tanggul pengaman arus di Pulau Karya tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Sudin SDA Kepulauan Seribu Bangun Tanggul Cegah Abrasi”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/10/09/09144041/sudin-sda-kepulauan-seribu-bangun-tanggul-cegah-abrasi.
Penulis : Jimmy Ramadhan Azhari
Editor : Irfan Maullana

Check Also

Pekerja akan memindahkan sejumlah tiang yang menghalangi jalur sepeda di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (01/08/2018). Jalur sepeda di sepanjang jalan ini terhalang beberapa tiang lampu penerangan jalan umum (PJU), tiang lampu lalu lintas, hingga tiang rambu penunjuk jalan.(KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI)

Perluasan Jalur Sepeda, Efektifkah untuk Mengurangi Polusi Udara?

KOMPAS.com – Bersepeda sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat DKI Jakarta. Ada yang menggunakannya …