Home / Kegiatan / Menerima Wawancara PT. Kadence International
WhatsApp Image 2019-10-22 at 3.34.39 PM

Menerima Wawancara PT. Kadence International

Jakarta, 22 Oktober 2019. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan MRT, PT. MRT bermitra dengan PT. Kadence International selaku marketing research specialist melakukan riset kepuasan pengguna. Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (TRLH) berkesempatan menjadi salah satu responden dalam riset tersebut. Dalam wawancara tersebut, Deputi TRLH menyampaikan bahwa secara umum MRT sudah jauh lebih nyaman daripada moda transportasi umum lain. Namun terdapat beberapa hal yang dapat ditingkatkan, yaitu terkait: (i) feeder; (ii) sistem tiketing; dan (iii) Standar Operasional Pelayanan (SOP) pelayanan penjaga di stasiun.

Terkait feeder, disampaikan oleh Deputi bahwa belum seluruh stasiun MRT terhubung dengan angkutan umum lain yang berfungsi sebagai feeder. Belum ada fasilitas parkir/ruang tunggu bagi feeder tersebutDiakui hal ini memang menjadi tanggung jawab Pemprov DKI, namun ada baiknya bila dalam pembangunan fase selanjutnya, juga dipertimbangkan penyediaan ruang-ruang tersebut.

Dalam hal sistem tiketing, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Penggunaan kartu e-money sering mengalami error.
  • Belum tersedia fasilitas ATM untuk pengisian e-money di dalam stasiun. Saat ini banyak ditemukan pengisian e-money dilakukan secara manual melalui petugas bank yang menjaga di dalam stasiun.
  • Pengguna tidak bisa masuk dan keluar di stasiun yang sama. Apabila pengguna sudah melakukan tapping masuk, pengguna harus melakukan tapping keluar di stasiun yang berbeda.

Terkait pelayanan penjaga di stasiun, belum seluruh penjaga mengetahui hal-hal dasar yang sering ditanyakan oleh pengguna. Hal ini dirasa penting untuk mempersingkat waktu pelayanan dan meningkatkan kenyamanan pengguna.

Berdasarkan beberapa hal diatas, diharapkan akan ada perbaikan sistem pada mesin tapping kartu, dan pengembangan SOP serta pelatihan petugas mengenai hal-hal dasar dalam melakukan pelayanan di stasiun MRT.

Check Also

WhatsApp Image 2019-10-29 at 4.15.29 PM

Rapat Teknis Persiapan Penyelenggaraan Seminar “Toward a Resillient City with a Sustainable and Smart Approach”

Jakarta, 29 Oktober 2019. Kedutaan Besar Perancis pada tanggal 28 November 2019 bekerjasama dengan Pemprov DKI …