Home / Kegiatan / Rapat Berkala Forum Bangunan Gedung Hijau
WhatsApp Image 2019-10-23 at 2.39.50 PM

Rapat Berkala Forum Bangunan Gedung Hijau

Jakarta, 23 Oktober 2019. Kedeputian Gubernur Provinsi DKI Jakarta bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup menyelenggarakan Rapat Berkala Forum Bangunan Gedung Hijau dengan beberapa sesi, yaitu: (i) pembahasan progres Revisi Pergub No. 38 Tahun 2012 tentang Bangunan Gedung Hijau; (ii) progres pembangunan Kawasan Hijau Rusunawa Daan Mogot; dan (iii) pertimbangan mengenai keselamatan kebarakan dalam desain dan retrofit bangunan gedung.

Rapat tersebut dipimpin oleh Asisten Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta bidang Tata Ruang, dan turut hadir unsur Pemprov DKI Jakarta (Dinas Sumber Daya Air/DSDA, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan/DCKTRP, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu/DPMPTSP, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman/DPRKP, Dinas Perindustrian dan Energi/DPE, Dinas Kesehatan/Dinkes, Dinas Lingkungan Hidup/DLH, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan/Gulkarmat, Dinas Perhubungan/Dishub, Biro Penataan Kota dan Lingkungan Hidup/PKLH, PD PAL Jaya, PD PAM Jaya, Dewan Riset Daerah), lembaga/institusi terkait (International Finance Corporation/IFC, Indonesian Institute for Energy Economy/IIEE), dan Akademisi (Universitas Indonesia).

Pada sesi pertama mengenai progres Revisi Pergub No. 38 Tahun 2012 tentang Bangunan Gedung Hijau, disampaikan oleh DPMPTSP bahwa draf Revisi Pergub saat ini dalam tahap Perbal dan ditargetkan diterbitkan pada Bulan Desember 2019. terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian terkait revisi pergub tersebut, yaitu: (i) perlu dipastikan bahwa insentif dan sanksi dalam Pergub dapat dioperasionalkan; (ii) spesifikasi bangunan gedung hijau untuk rumah susun yang dikelola oleh pemerintah dan swasta perlu dipertimbangkan untuk dibedakan karena akan berpengaruh pada biaya pembangunan dan biaya perawatan.

Untuk sesi kedua, disampaikan progres pelaksanaan Ingub DKI Jakarta No. 30 Tahun 2017 tentang Percepatan Pengembangan Kawasan Rumah Susun Sederhana Sewa Daan Mogot sebagai Kawasan Hijau oleh beberapa SKPD terkait. Dinas PRKP menyampaikan bahwa saat ini pembangunan Tower 1 dan 2 oleh PT. Mulia Karyagemilang telah mencapai 90%, dan untuk Tower 6 dan 7 oleh PT. Kepland Investama telah mencapai 78%. Sementara itu untuk Tower 3, 4, dan 5 oleh PT. Sampoerna Land masih belum dilakukan pembangunan karena dalam proses evaluasi ulang untuk detail lahan dan jumlah unit yang akan dibangun. Pembangunan Tower 3, 4, dan 5 ditargetkan dimulai pada Bulan Desember 2019. Selain Tower rumah susun, saat ini sedang dilakukan pembangunan waduk oleh Dinas SDA yang akan berfungsi sebagai wadah penampungan dan daur ulang air bersih kawasan hijau Rusunawa Daan Mogot.

Pada sesi ketiga, Prof. Yulianto S. Nugroho dari Jurusan Teknik Mesin Universitas Indonesia yang juga merupakan anggota Tim Ahli Bangunan Gedung bidang Mekaninal Elektrikal (TABG ME) DKI Jakarta menyampaikan paparan mengenai Pertimbangan Aspek Keselamatan Kebakaran dalam Desain dan Retrofit Bangunan Gedung. Dijelaskan bahwa kebakaran gedung rata-rata terjadi pada fase akhir (finishing) pembangunan. Hal ini dikarenakan padatnya pekerjaan yang perlu diselesaikan pada masa finishing. Dijelaskan juga bahwa waktu utama (golden time) untuk meminimalisir kebakaran adalah sekitar 1 – 30 menit pertama. Sedangkan waktu maksimal untuk melakukan pemadaman adalah 3 jam, karena apabila melebihi waktu tersebut maka kerusakan bangunan akan melebihi batas kewajaran dan cenderung tidak dapat diselamatkan/diperbaiki. Fase perancangan dan desain arsitektur adalah hal paling krusial, dan perlu dicermati sebelum pembangunan dimulai. Hal ini untuk meminimalisir biaya perbaikan bila terjadi kesalahan desain atau material bangunan. Hal terkait keselamatan kebakaran yang perlu diperhatikan dalam perancangan dan desain arsitektur adalah respon bangunan terhadap kebakaran, seperti dalam hal kemudahan mobilisasi penghuni gedung, dan waktu jalar/merambatnya api

Check Also

WhatsApp Image 2019-10-29 at 4.15.29 PM

Rapat Teknis Persiapan Penyelenggaraan Seminar “Toward a Resillient City with a Sustainable and Smart Approach”

Jakarta, 29 Oktober 2019. Kedutaan Besar Perancis pada tanggal 28 November 2019 bekerjasama dengan Pemprov DKI …