Home / Kegiatan / Selesainya Tugas Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup
WhatsApp Image 2019-10-18 at 9.50.27 PM (1)

Selesainya Tugas Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup

Jakarta, 23 Oktober 2019. Setelah 4 tahun bertugas sebagai Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (TRLH), Bapak Oswar Muadzin Mungkasa hari ini pamit untuk kembali ke Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS menunggu penugasan selanjutnya. Hal tersebut juga menandakan berakhirnya tugas beliau sebagai Chief Resilience Officer (CRO) Sekretariat Jakarta Berketahanan. Selama bertugas sebagai Deputi Gubernur, beliau telah menginisiasi beberapa kegiatan utama seperti: (i) menyusun Desain Besar (Grand Design) berbagai isu strategis pembangunan DKI Jakarta; (ii) menjalin kerjasama dengan berbagai mitra pembangunan; dan (iii) mengembangkan sistem manajemen pengetahuan (Knowledge Management/KM) Kedeputian TRLH untuk dokumentasi kegiatan serta penyebarluasan informasi.

Beberapa dokumen Desain Besar yang telah diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta meliputi: (i) Desain Besar Bangunan Gedung Hijau; (ii) Desain Besar Kota Layak Anak; (iii) Desain Besar Pertanian Perkotaan; (iv) Desain Besar Pengelolaan Air Minum dan Limbah Domestik; (v) Desain Besar Sistem Pengelolaan Sampah; dan (vi) Strategi Ketahanan Kota DKI Jakarta. Sedangkan dokumen Desain Besar yang sedang disusun oleh Kedeputian Gubernur Provinsi DKI Jakarta bidang TRLH adalah: (i) Desain Besar Pengelolaan Kualitas Udara DKI Jakarta bekerjasama dengan Lembaga Vital Strategy; (ii) Desain Besar Penanganan Kawasan Kumuh DKI Jakarta bekerjasama dengan Bank Dunia (The World Bank); (iii) Desain Besar Pengurangan Resiko Bencana berbasis Masyarakat bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia; dan (iv) Pedoman Penyusunan Desain Besar juga bekerjasama dengan Yayasan KARINA.

Selain penyusunan Desain Besar, terdapat 3 (tiga) kegiatan yang saat ini sedang dikerjakan oleh Kedeputian Gubernur Provinsi DKI Jakarta bidang TRLH bekerjasama dengan berbagai mitra pembangunan, antara lain:

  1. Revisi Rencana Aksi Daerah tentang Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) DKI Jakarta bekerjasama dengan Yayasan C40.
  2. Ambitious City Promises/Ikhtiar Jakarta bekerjasama dengan Yayasan ICLEI – Local Government for Sustainability. Kegiatan tersebut merupakan upaya penurunan emisi gas rumah kaca berbasis pendekatan kolaboratif. Masyarakat yang dilibatkan meliputi pemuda dan pelajar, pelaku industri, dan tokoh agama. Program ini akan diterapkan di sekolah melalui pemberian pengetahuan pelestarian lingkungan yang dilengkapi dengan modul konservasi energi bekerjasam dengan Indonesian Institute for Energy Economy (IIEE), pemasangan solar panel dan sistem pengelolaan sampah. Selain sekolah, rumah ibadah juga menjadi sasaran program melalui penyusunan panduan khutbah/ceramah pelestarian lingkungan bekerjasama dengan Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (LPLH SDA) MUI.
  3. Berbagi Makanan Lebih, merupakan program bekerjasama dengan LPLH SDA MUI dan bertujuan memberikan makanan lebih kepada masyarakat yang membutuhkan. Program ini juga sebagai upaya dalam mengurangi volume limbah makanan (food waste), dan pada akhirnya akan berdampak positif terhadap lingkungan. Program ini dalam masa penjajakan, dan direncanakan untuk merangkul lebih banyak pemangku kepentingan.

Bapak Oswar berharap agar seluruh kegiatan yang telah diinisiasi beliau dapat menghasilkan manfaat bagi DKI Jakarta. Sebagai penutup, beliau mengucapkan permohonan terima kasih sebesar-besarnya kepada berbagai pihak yang telah menjadi mitra mengawal langkah pembangunan DKI Jakarta. Permohonan maaf tak terkira juga beliau sampaikan atas tindakan dan ucapan yang mungkin telah mencederai perasaan berbagai pihak.

WhatsApp Image 2019-10-18 at 9.50.27 PM

Check Also

WhatsApp Image 2019-10-29 at 4.15.29 PM

Rapat Teknis Persiapan Penyelenggaraan Seminar “Toward a Resillient City with a Sustainable and Smart Approach”

Jakarta, 29 Oktober 2019. Kedutaan Besar Perancis pada tanggal 28 November 2019 bekerjasama dengan Pemprov DKI …